Menghadapi Demam Pokemon GO di Indonesia
Jul 25, 2016
Mahasiswi IPB Ciptakan Celana Dalam Wanita Tanpa Pembalut yang Ramah Lingkungan
Jul 27, 2016

Yuk Merawat Gigi Bersama Elboo!

Elboo UGM

Boneka Elboo via ugm.ac.id

Bagi anda para orang tua yang masih memiliki anak kecil pasti merasakan sulitnya mengajari anak untuk merawat gigi. Hal itu dirasakan ketika mengajak anak sikat gigi sebelum tidur, tidak makan permen dan coklat terlalu banyak, dan masih banyak lagi. Hal-hal tersebut memang sudah umum terjadi. Lalu apa upaya anda untuk menyelamatkan gigi anak anda?

Lima mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) yaitu Grace Mediana, Amrina Husna, Nur Rifa Setyafani, M. Attiatul Muqtadir, dan M. Fathin Naufal berhasil menciptakan “Elboo”. Kelimanya berasal dari tiga disiplin ilmu yang berbeda yaitu Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Psikologi, dan Teknik Industri.

Elboo yang diciptakan oleh Grace dan kawan-kawan ini merupakan boneka edukasi gigi anak. Dengan desain sebuah gantungan kunci, Elboo berbentuk empat jenis gigi anak-anak. Gantungan kunci berbentuk gigi ini memperoleh respon yang positif dari masyarakat. Kini, Elboo telah beredar di pasaran.

Tidak berhenti sampai di gantungan kunci, tim Grace mengembangkan produknya. Elboo yang selanjutnya ini lebih canggih dan tidak berbentuk gantungan kunci lagi. Produk baru Elboo menggunakan teknologi audio visual dimana boneka dapat mengeluarkan tanda berupa cahaya lampu serta suara.

Bentuknya sendiri ialah sebuah boneka dengan karakter anak-anak. Boneka Elboo ini berfungsi sebagai media pembelajaran dengan model studi gigi.

Yang melatarbelakangi Grace dan kawan-kawan menciptakan inovasi ini ialah karena mereka prihatin pada anak-anak yang menurut mereka kurang tertarik untuk belajar merawat giginya sendiri.

Banyak yang bisa dilakukan oleh boneka Elboo ini, mulutnya bisa terbuka dan tertutup sehingga anak-anak dapat melihat bagaimana posisi dan bentuk gigi yang sebenarnya.

Di dalam setiap gigi terdapat lampu LED. Nantinya pada saat audio menjelaskan salah satu jenis gigi, maka lampu pada gigi yang sedang dijelaskan tersebut akan menyala. Penjelasan yang diberikan oleh boneka Elboo ini pun bermacam-macam, seperti karakteristik gigi dan pengetahuan umum mengenai gigi. (AS)

Anis Sa'adah
Anis Sa'adah
Mahasiswa semester 4 jurusan Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia. Bergabung dalam Nano Research Society FTUI

Leave a Reply