Membangun Pertanian dengan Cyber Extension
Sep 24, 2014
Call for Contributors Beranda Inovasi September-Oktober 2014 “EKONOMI ERA INFORMASI”
Sep 26, 2014

Wow, Google Wi-Fi Akan Selimuti Bumi!

Titan Aerospace siap kirimkan Wi-Fi ke seluruh penjuru dunia. (Sumber gambar: nbcnews.com)

Titan Aerospace siap kirimkan Wi-Fi ke seluruh penjuru dunia. (Sumber gambar: nbcnews.com)

Titan Aerospace siap kirimkan Wi-Fi ke seluruh penjuru dunia. (Sumber gambar: nbcnews.com)

BerandaInovasi.COM – Siapa yang tak kenal Google? Mesin pencari besutan Amerika ini menjadi mesin pencari nomor satu di dunia. Selain itu, sistem operasi Android yang dikembangkan oleh perusahaan ini menjadi primadona dan semakin memudahkan manusia untuk berkomunikasi. Namun ternyata Google tak hanya ingin dikenal dengan mesin pencari dan Android semata, ternyata mereka berniat untuk menjadi penyedia internet. Google akan menyediakan akses internet ke daerah-daerah yang tak terjangkau internet menggunakan drone atau pesawat tanpa awak.

Setelah dunia dihebohkan dengan peluncuran Google Glass, Google kembali menggemparkan dunia dengaan proyek gilanya. April 2014, mereka membeli sebuah start up drone bernama Titan Aerospace yang dapat dioperasikan pada ketinggian yang sangat tinggi. Titan Aerospace ini dapat berjalan dan mengumpulkan gambar bumi beresolusi tinggi secara real time. Selain itu, alat ini juga mendukung layanan data dan panggilan telepon.

Google saat ini tengah mengurus perizinan kepada otoritas Amerika Federal Communication (AFC) untuk segera beraksi. Google juga berencana mengintegrasikan proyek ini  dengan perusahaan Project Loon yang membuat rencana besar untuk menyelimuti dunia dengan Google Wi-Fi dengan mengirimkan balon udara ke angkasa.

AFC menyebutkan jika Google telah meminta izin untuk mencoba Titan Aerospace-nya selama 180 hari mulai 6 Oktober mendatang di timur Alburuerque dan selatan Santa Fe, Mexico. Mereka berencana mengirimkan sinyal pada frekuensi 910 MHz ke 927 MHz dan 2,4 GHz ke 2,414 GHz, meski tak ada keterangan lengkap bagaimana mereka akan mentrasmisikan sinyalnya.

Wow! Dunia sebentar lagi akan dengan mudah mengakses informasi hingga daerah pelosok. Tentu ada keuntungan dan kerugian yang akan muncul. Tinggal bagaimana manusia dapat menggunakan akses internet tersebut sebaik-baiknya. (DWH)

—————————

Sahabat Beranda punya inovasi? PKM, usaha kreatif, penelitian, atau hal inovatif dan unik lainnya disekeliling Sahabat? Mau inovasi Sahabat dikenal ke seluruh penjuru dunia sekaligus belajar menjadi jurnalis? Ayo kirimkan segera cerita tentang inovasi yang Sahabat Beranda miliki ke kolom Lintas Inovasi di website Beranda Inovasi. Kirim ke [email protected] dengan subjek ‘Lintas Inovasi_Judul Berita_Nama’. Dengan jaringan luas yang kami miliki, mari kita bersama jembatani inovasi teknologi.
Salam kontribusi!!!
Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply