“Call for Contributors” Beranda Inovasi, Juni 2014
Jun 6, 2014
Centong Pencegah Obesitas
Jul 1, 2014

Upaya Pemberdayaan Masyarakat demi Menggapai Kemandirian Pangan

Poster Twitalk Sesi I Episode I DD

Tulisan ini merupakan intisari dari #TwitalkGPL Sesi I Eps 1, @MITI_NEWS  bersama @Dompet_Dhuafa. #TwitalkGPL merupakan talkshow online via twitter antara MITI dan mitra-mitra pendukung Gerakan Pangan Lokal. Chirpstory dari #TwitalkGPL Sesi I Eps 1 dapat dilihat di: http://chirpstory.com/li/215666

Ketergantungan terhadap pasokan pangan impor merupakan salah satu permasalahan pangan yang terjadi di Indonesia. Bila ditilik lebih jauh, ketergantungan impor bukanlah akar permasalahan. Ada banyak cabang permasalahan di bidang pangan yang pada akhirnya membuat negeri ini tidak dapat sepenuhnya berdikari di bidang pangan. Penurunan kualitas dan kuantitas sumber daya lahan pertanian, terbatasnya aspek ketersediaan infrastruktur penunjang pertanian, kelemahan dalam sistem alih teknologi, terbatasnya akses layanan usaha, masih panjangnya mata rantai tata niaga pertanian merupakan beberapa cabang masalah yang menyebabkan kemandirian pangan belum dapat terwujud.

Penyelesaian atas segenap permasalahan di bidang pangan tidak bisa dilimpahkan kepada pemerintah semata. Masyarakat harus dapat bergerak, berikhtiar menyelesaikan masalah pangan di negeri ini. Gerakan Go Pangan Lokal yang diinisiasi oleh Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) merupakan bagian dari upaya untuk mensinergiskan gerak masyarakat dalam menyongsong kemandirian pangan. Salah satu mitra pendukung Gerakan Go Pangan Lokal ialah Dompet Dhuafa, sebuah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang telah lama berkiprah dalam berbagai bidang, mulai dari kesehatan, pendidikan, ekonomi hingga pembangunan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Dengan taglineIndonesia Berdaya, Dompet Dhuafa berkeyakinan bahwa mereka bersama dengan seluruh jejaring yang ada dapat mempelopori kebangkitan kaum dhuafa.

Pihak Dompet Dhuafa meyakini bahwa Indonesia mewarisi kekayaan dan keragaman sumber daya alam hayati yang melimpah, juga kearifan peradaban Nusantara yang merdeka. Dompet Dhuafa mengajak masyarakat untuk berusaha sepenuh daya upaya, memastikan tidak ada lagi kasus gizi buruk hanya karena Indonesia masih menyandarkan pangan dari bahan-bahan yang tidak dimiliki negeri ini. Dompet Dhuafa juga mengajak masyarakat untuk bertekad mewujudkan kemerdekaan pangan di Indonesia, berjuang sampai seluruh anak bangsa hanya memakai yang dipintal di negerinya dan memakan yang ditanam di negerinya.

[ads1]

Demi mewujudkan kemandirian bangsa, Dompet Dhuafa memiliki beberapa program diantaranya ialah Bank Benih yang salah satu aksinya adalah penyediaan lahan konservasi benih padi lokal, Lumbung Desa, yang menyediakan lumbung (leuit) khusus benih serta Pemberdayaan Petani Sehat yang memperkuat basis komunitas petani. Selain itu, masih banyak program lainnya yang dikerjakan melalui salah satu unit jejaring Dompet Dhuafa, yakni Pertanian Sehat Indonesia.

Banyak upaya nyata yang telah Dompet Dhuafa lakukan dalam menciptakan masyarakat yang berdaya dan mampu memproduksi serta menjamin kebutuhan pangannya sendiri. Dompet Dhuafa membentuk unit-unit jejaring yang akan menurunkan berbagai program bagi masyarakat. Jejaring tersebut adalah @pertaniansehat, @AyoMandiri, dan @berdayaID.

Dukungan Dompet Dhuafa terhadap Gerakan Pangan Lokal yang diinisiasi oleh MITI dilandasi pemahaman bahwa Gerakan Pangan Lokal merupakan konsep yang harus direalisasikan demi mengembalikan hak atas pangan kepada masyarakat dengan potensi lokal yang dimiliki. Dengan menggalakkan Gerakan Pangan Lokal, masyarakat akan mampu memenuhi sendiri kebutuhan pangannya, mandiri dan tidak bergantung pada pasokan wilayah lain, menambah asupan gizi, meningkatkan kesejahteraan petani, dan membangkitkan perekonomian pelaku usaha pangan lokal. Harapannya, realisasi Gerakan Pangan Lokal dapat mengembalikan Indonesia kepada identitas lokal dan nasional.

Kemauan seluruh elemen bangsa untuk duduk bersama merumuskan pokok-pokok pikiran kemandirian sekaligus melakukan aksi nyata sangat dibutuhkan untuk mencapai kedaulatan pangan.  Hal tersebut membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. MITI bersama dengan jejaring yang dimilikinya, seperti Dompet Dhuafa, dan jejaring lainnya akan terus mengabdi bagi kemajuan bangsa ini. MITI bertekad kuat dan yakin bahwa Indonesia akan berdikari suatu saat nanti seperti yang disampaikan oleh Soekarno, Sang Inspirasi Negeri. (DWH/UA)

[ads2]

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi
BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply