Beranda MITI Artikel 2015 ?? Saatnya Energi Masa Kini
2015? Saatnya Energi Masa Kini
Apr 29, 2015
Beranda MITI Artikel Coalbed Methane ( CBM ) Sebagai Langkah Swasembada Gas Nasional
CoalBed Methane ( CBM ) Sebagai Langkah Swasembada Gas Nasional
May 4, 2015

U-Damkar : Solusi Kebakaran di Kota Besar

fireIndonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia dengan jumlah total penduduk sebanyak 237.641.326 jiwa (data tahun 2010 dari Badan Pusat Statistik). Dari jumlah tersebut, sebanyak 118 320 256 jiwa atau 49,79 persen tinggal di wilayah perkotaan. Menurut data BPS, tiga kota dengan penduduk terbanyak di Indonesia adalah DKI Jakarta (9.607.787 jiwa), Bandung (3.178.543 jiwa), dan Surabaya (2.765.487 jiwa).

Padatnya jumlah penduduk di kota-kota besar berakibat pada tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pemukiman. Hal tersebut secara tidak langsung juga berdampak pada sempitnya jalan dan sulitnya akses karena lahan-lahan yang tersisa kebanyakan diubah menjadi kawasan pemukiman. Ditambah lagi, tingginya jumlah kendaraan pribadi di kota-kota besar semakin membuat penuh jalan yang sempit tersebut.

Pemukiman padat penduduk dapat menjadi sebuah masalah yang cukup serius ketika terjadi peristiwa bencana, terutama kebakaran. Sulitnya akses mobil pemadam kebakaran untuk masuk ke wilayah padat penduduk dapat menghambat proses pemadaman sehingga kerugian yang ditimbulkan pun akan semakin besar. Pada bulan januari sampai september tahun 2014 tercacat sebanyak 667 kasus kebakaran terjadi di Jakarta. Sementara itu, hingga maret 2015 telah tercatat sebanyak 177 kasus yang ditaksir membuat kerugian hingga milyaran rupiah.

Ukuran kendaraan pemadam kebakaran dan sempitnya jalan di kota besar menjadi kendala utama yang dapat mempersulit proses pemadaman api. Oleh sebab itu, Tommy Novianto bersama rekan-rekan dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia, membuat sebuah inovasi agar sempitnya jalan tidak lagi menjadi hambatan dalam proses pemadaman kebakaran.

Apa itu U-Damkar?

U-Damkar merupakan singkatan dari Unit Pemadam Kebakaran. Dengan menggunakan U-Damkar maka petugas pemadam kebakaran dapat lebih mudah menjangkau kawasan padat penduduk walaupun akses jalannya sempit. Hal tersebut dikarenakan ukuran U-Damkar lebih kecil dibanding ukuran mobil pemadam kebakaran pada umumnya dan mampu ditarik oleh sepeda motor. Akibatnya, waktu tempuh yang dibutuhkan oleh petugas pemadam untuk mencapai lokasi kebakaran akan lebih cepat dan kerugian yang ditimbulkan dapat diminimalisasi.

Bagaimanakah wujud dari U-Damkar?

U-Damkar mengolaborasikan alat pemadam kebakaran dengan kendaraan roda dua agar mudah mengakses jalan yang sempit. Alat tersebut dilengkapi dengan roda dan nantinya akan ditarik oleh sepeda motor.

alat pemadam kebakaran

Tampak Samping

alat pemadam kebakaran

Tampak Depan

Alat Pemadam Kebakaran

Penampang 3D

Sekilas desain diatas memang masih mirip dengan desain dari peraltan pemadam portable yang lain. Akan tetapi bila dilihat lebih detail, maka terdepat beberapa perbedaan hasil dari adopsi teknologi rangka tubular, longitudinal bulk head dan penurunan letak titik pusat massa sehingga membuat kendaraan ini lebih stabil ketika digunakan. Berikut ini adalah ilustrasinya:

Alat Pemadam Kebakaran

U-Damkar

Harapannya, U-Damkar ini dapat menjadi solusi praktis ketika terjadi kebakaran di kawasan padat penduduk.

 

 

Sumber :

http://sp2010.bps.go.id/index.php/site?id=31&wilayah=DKI-Jakarta

http://sp2010.bps.go.id/index.php/site?id=31&wilayah=Bandung

http://sp2010.bps.go.id/index.php/site?id=31&wilayah=Surabaya

http://energitoday.com/2015/03/11/hingga-maret-2015-tercatat-177-kasus-kebakaran-di-ibukota/

http://news.liputan6.com/read/2104815/667-kasus-kebakaran-terjadi-di-jakarta-9-bulan-terakhir

http://ilmupengetahuanumum.com/10-negara-dengan-jumlah-penduduk-populasi-terbanyak-di-dunia/

Giancoli, D.C., 2000, Physics for Scientists & Engeeners, Third Edition, Prentice Hall, New Jersey.

Halliday, Resnick, Walker, 2005, Fundamentals of Physics, 7th Edition, Extended Edition, John Wiley & Sons. Inc, New Jersey.

Kartika Salam Juarna
Kartika Salam Juarna

Mahasiswa tingkat akhir program studi Biologi FMIPA Universitas Indonesia.

Leave a Reply