Upaya Mengatasi Tingginya Kasus Kekerasan Anak, Pemkab Banyuwangi Bentuk Banyuwangi Children Center
Jun 12, 2016
Terlalu Sering Menggunakan Minyak Goreng Berkali Kali? Ini Akibatnya
Jun 14, 2016

Belajar Sejarah Dunia dengan Praktis dan Mudah Bersama Timeglobe

Baroque World Globe via Wikimedia

Pencarian Indonesia dalam Timeglobe via timeglo.be

Pencarian Indonesia dalam Timeglobe via timeglo.be

Tidak sedikit orang yang kesulitan menghafal nama, waktu, dan tempat suatu peristiwa dalam sejarah dunia. Membuat timeline peristiwa atau membeli globe akan membantumu menghafal peristiwa-peristiwa tersebut, tetapi bagaimana jika kamu menggabungkan keduanya? Mempelajari sejarah akan terasa jauh lebih mudah dan sederhana. Dan itulah yang Timeglobe lakukan!

Dikembangkan oleh Misha Wagner, dengan bantuan Joe Groocock, dan dari ide yang berasal dari Hoagy Cunningham. Timeglobe menggunakan data dari Wikipedia dan Dbpedia untuk menunjukkan lokasi dari lebih dari 20.000 kejadian bersejarah dalam bentuk sebuah bola dunia (globe).

Konsepnya sederhana, kamu cukup memasukkan rentang waktu yang ingin kamu eksplorasi, lalu timeglobe akan menampilkan seluruh kejadian penting pada rentang waktu tersebut dalam sebuah bola interaktif.

Didukung dengan WikiMedia Geographical Coordinates untuk memetakan peristiwa yang terjadi, kamu dapat melihat seberapa besar ruang lingkup peristiwa tersebut, serta mengetahui seberapa ‘sering’ peristiwa berdasarkan warna yang ditampilkannya.

Seperti dilansir dalam VisualNews, dengan menggunakan Timeglobe, kamu akan diajak menjelajahi waktu. Kamu dapat mengetahui apa yang terjadi di berbagai negara pada masa perang dunia, atau mungkin apa yang terjadi di belahan dunia lain pada Hari Kemerdekaan Indonesia.

Selain dapat memberikan perspektif baru dalam mempelajari Sejarah, dengan menyajikan seluruh peristiwa secara bersamaan, kamu dapat mempelajari Sejarah sebagai satu kesatuan dengan lebih baik.

Well, tunggu apalagi? Kunjungi timeglo.be untuk memperluas pengetahuan sejarahmu! Kamu bisa  memulainya dengan mencari tahu apa saja yang sedang terjadi pada dunia saat tahun kelahiranmu. Bye-bye! (YA/freepik.com)

Yahya Aqrom
Yahya Aqrom
Seorang kawan dalam perjalanan, menikmati sastra dan desain. More personal: yahyaaqrom.com

Leave a Reply