4 Inovasi yang Akan Membantu Ibu Merawat Bayi
Jun 22, 2016
4 Fakta Sains yang Akan Membuat Kamu Berpikir Seribu Kali untuk Sering Mandi Setiap Hari
Jun 22, 2016

Terus Berinovasi, Google Ciptakan Alat Penggambar 3D

Tilt Brush Google via Gamecrate.com

Tilt Brush Google

Tilt Brush Google via Gamecrate.com

Google terus menciptakan inovasi tiada henti, produk-produk semi-mustahil yang diciptakan pada masa lalu kini mulai diwujudkan satu per satu oleh Google. Paling terbaru, Google telah meluncurkan sebuah penemuan dalam bidang seni yang dikolaborasikan dengan kemajuan teknologi.

Jika biasanya kita menggambar dalam bentuk dua dimensi  (2D) di atas kertas atau kanvas atau media 2D lain, kini Google telah menghasilkan sebuah alat yang memungkinkan kita untuk menggambar dalam ruang tiga dimensi (3D).

Penemuan terbaru Google ini dinamakan Tilt Brush. Pada website tiltbrush.com, alat ini memungkinkan kita menggunakan segala bentuk imajinasi kita dalam bentuk virtual reality. Karya yang kita hasilkan akan terlihat memiliki panjang, lebar, dan tinggi secara virtual.

Ada berbagai macam bentuk dari brush yang bisa digunakan, mulai dari tinta dan asap sampai dengan salju serta api. Karya yang dihasilkan dapat disimpan dalam bentuk room-scale virtual reailty atau pun dalam bentuk format animasi GIF.

Tilt Brush ini memiliki potensi untuk menjadi penggerak perubahan dalam industri mode dan seni. Seperti seorang illustrator nantinya dapat membuat gambar dengan tekstur fabrics, denim, silk, dan cotton, maupun bahan kulit. Seorang desainer yang dapat mengeluarkan ide-ide kreasi mereka dengan bentuk yang nyata. Selain itu, mereka juga dapat seakan-akan masuk ke dalam wujud karya nyata mereka sendiri.

Para desainer ini bisa melihat proses kerja mereka dari seluruh sudut yang diinginkan. Tentunya, semuanya dalam bentuk 3D. Dan juga mereka bisa membagi hasilnya dengan para pengguna Tilt Brush di seluruh bagian dunia.

Menurut seorang seniman Amerika-Kuba bernama Jorge Rodriguez-Gerada, alat ini dapat diaplikasikan sebagai platform instalasi serta pengaturan interior untuk ruang Museum dan galeri seni di masa depan. (CR/Natureworldnews)

Cika Ramadini
Cika Ramadini

Mahasiswa UI tingkat kedua di jurusan Teknik Metalurgi dan Material. Sedang aktif dalam organisasi yang bergerak di bidang sosial pendidikan bernama Technique Informal School.

Leave a Reply