Pengukuran Kolesterol Darah Menjadi Lebih Efisien. Bagaimanakah Caranya?
Aug 25, 2015
Penemuan Ilmuwan Dunia asal Indonesia dari Masa ke Masa
Aug 28, 2015

The Next Big Thing: 3D Printing

Jpeg

Berbagai 3D Printer Ukuran Kecil

Berbagai 3D Printer Ukuran Kecil

Alhamdulillah kemarin di GE Garage (http://gegaragesindonesia.com/) akhirnya bisa belajar dan menyentuh 3D printer.

Sebenarnya sudah lama penasaran dengan 3D printer ini. Saya yakin bila orang-orang biasa seperti kita-kita ini bisa segera mewujudkan idenya menjadi barang semudah kita mencetak tulisan dengan printer, maka ini bisa menjadi The Next Big Thing, suatu revolusi industri yang berikutnya: Everybody Can Manufacture!

Prinsip dasar dari 3D printer sebenarnya cukup sederhana. Salah satunya seperti printer ink jet, bedanya material seperti plastik dicetak berlapis dengan dipancarkan dari nozzle diatas lapisan sebelumnya lalu langsung dikeraskan dengan sinar ultra violet sehingga akhirnya tersusun struktur 3D sesuai design.

Printer 3D Buatan Indonesia

Printer 3D Buatan Indonesia

Teknologi 3D printing ini sendiri sudah cukup lama ada, tapi selama ini masih mahal. Namun, akhir-akhir ini ternyata 3D printer makin terjangkau. Contohnya adalah 3D printer buatan anak bangsa yang dipajang di GE Garage yang harganya hanya 13 juta rupiah saja.

Tapi, bukankah membuat design 3D itu susah? Itu juga yang saya kira selama ini.

Nah di GE Garage kemarin juga ada workshop tentang 3D Printing yang kolaboratornya adalah Pak Bowie dari Tiga Dinamika Solusi Indonesia (http://www.3dsolusindo.com).

Ternyata, sekarang sudah tersedia juga berbagai tool gratis yang sangat mudah dipakai untuk membuat design 3D. Beberapa bisa diunduh gratis di http://www.123dapp.com/.

Contohnya Tinkercad yang cukup mudah dipahami sehingga anak-anak SD pun bisa pakai. Atau, jika ingin memindai suatu barang atau bahkan muka seseorang, 123D Catch dapat digunakan untuk membuat obyek 3D dengan memakai kamera di smartphone.

Masih mau lebih gampang lagi? Cari design 3D di internet, banyak juga yang gratis sudah dalam format STL siap cetak. Kalau perlu, bisa modifikasi sendiri dengan Tinkercad tadi.

Printer Mencetak Bentuk Gajah 3D

Printer Mencetak Bentuk Gajah 3D

 

Hasil Cetakan Gajah 3D

Hasil Cetakan Gajah 3D

Waktu cetak yang masih cukup lama membuat 3D printing sejauh ini masih lebih cocok untuk prototiping atau custom made manufacturing. Tapi, paradigma bahwa “manufacture itu bisa dilakukan perorangan” akan membuka wawasan kreatif banyak anak bangsa. Saya pikir anak-anak perlu dikenalkan dengan 3D printing ini untuk menyiapkan bangsa kita menghadapi revolusi industri yang akan datang tidak lama lagi.

Dr. Iko Pramudiono

Leave a Reply