Belajar dari Vampir, Apakah Minum Darah Aman bagi Tubuh?
Jun 23, 2016
Alat ini Memungkinkan Kita Berbicara dengan Kunang-Kunang
Jun 24, 2016

Tedi Smart, Sahabat Bunda saat si Kecil Demam

Tedi Smart UGM via Edupost

Tedi Smart UGM via Edupost

Tedi Smart UGM via Edupost

Bagi anda para orang tua pasti panik ketika buah hati anda mendadak terserang demam. Terlebih lagi apabila anak anda masih bayi atau balita, karena anak-anak di usia tersebut sangat sering dan mudah sekali terserang demam. Inovasi dari Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) yang satu ini mungkin bisa membantu mengurangi kekhawatiran anda ketika menghadapi anak demam.

Berbekal ilmu yang diperolehnya di bangku kuliah, lima mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) yaitu Hanif Eka Cahyani, Siti Intan Nurhasanah, Azizul Musyafa Nuryanto, Thomas Tri Hari Prihantoro, dan Fuad Chairil berhasil menciptakan sebuah solusi alternatif dalam menangani si kecil ketika terserang demam. Kelimanya berasal dari tiga disiplin ilmu yang berbeda yakni Ilmu Keperawatan, Elektronika dan Instrumentasi dan Teknik Mesin.

Inovasi yang diciptakan oleh Hanif dkk ialah Termometer Digital-Smart yang diberi nama Tedi Smart. sebuah alat yang digunakan untuk membantu orang tua dalam menangani demam pada anak dengan tepat. Desainnya yang aman serta menarik dengan bentuk menyerupai boneka Teddy Bear membuat anak tidak takut pada saat orang tua mengukur suhu tubuh mereka. Cara kerja Termometer Digital itu sendiri yaitu dengan dihubungkan dengan aplikasi Tedi Smart yang ada di smartphone.

Nantinya pada aplikasi tersebut akan muncul informasi hasil pengukuran suhu tubuh. Selain itu informasi lainnya yang bisa diperoleh adalah penjelasan mengenai bagaimana cara penanganan pada saat suhu tubuh anak tidak berada pada rentang suhu normalnya. Aplikasi ini juga mampu memberikan informasi mengenai keadaan anak yang perlu segera dirujuk ke pelayanan kesehatan lanjutan seperti puskesmas atau rumah sakit agar anak dapat ditangani dengan tepat.

Selain informasi-informasi di atas, masih banyak lagi info yang bisa kita peroleh seperti info pemberian nutrisi makanan yang sesuai dengan usia anak, modifikasi lingkungan yang dapat menurunkan demam anak, serta petunjuk pemberian obat demam. (AS)

Anis Sa'adah
Anis Sa'adah
Mahasiswa semester 4 jurusan Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia. Bergabung dalam Nano Research Society FTUI

Leave a Reply