Pupuk Mahasiswa ITS Bisa Produksi Kedelai Lima Kali Lipat
Jul 22, 2014
Analisis Model Berlian Porter Komoditas Umbi-Umbian di Indonesia
Jul 24, 2014

Smart Tumbler: Inovasi Mahasiswa UGM

Smart tumbler inovasi mahasiswa UGM. (Dok. Situs Resmi UGM)

Smart tumbler inovasi mahasiswa UGM. (Dok. Situs Resmi UGM)

Smart tumbler inovasi mahasiswa UGM. (Dok. Situs Resmi UGM)

Praktis memang menjadi tolok ukur sebuah inovasi. Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat inovasi tumbler (tempat minum) yang dapat memanaskan sekaligus mendinginkan isinya. Tidak hanya itu, tumbler ini hanya memerlukan daya listrik yang kecil. Cukup menghubungkan USB tumbler ke port USB di laptop, air panas atau dingin sudah bisa dinikmati.

Dilansir dari situs resmi UGM, kelompok mahasiswa Fakultas Teknik UGM (Surya Dewi Puspitasari, Josua Hotasi Sitompul, Achmad Kunaryo Wibowo, Rochmat Sarifudin, dan Theodorus Tio Wibowo) berhasil membuat inovasi tumbler portabel yang dapat memanaskan dan mendinginkan air dengan hanya dihubungkan menggunakan port USB ke laptop.

Tumbler portabel yang diberi nama Smart Tumbler ini terinspirasi ketika para mahasiswa cukup sibuk dengan berbagai tugas dan harus berkutat dengan laptop.

Proses kerja Smart Tumbler ini sangat sederhana. Dari input kabel USB pada laptop dan mengatur switch untuk memanaskan atau mendinginkan air, hasilnya dapat dirasakan oleh penggunanya. Komponen utama yang digunakan di sini adalah Pielter Thermoelectric Cooler (TEC).

TEC ini adalah komponen yang digunakan untuk memanaskan dan mendinginkan air. Desain Smart Tumbler yang menggunakan termos ini tentu memiliki kelebihan karena setelah air dipanaskan atau didinginkan juga dapat menyimpan suhu tersebut.

Menarik bukan? Selamat menunggu produksi massal produk ini. (DWH)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi
BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply