Menyulap Limbah Minyak Goreng Menjadi Biodiesel
Jul 9, 2015
Happy Eid Mubarak
Jul 24, 2015

Sistem Ini Hitung Penggunaan Listrik Secara Valid

Artikel MITI Lintas Inovasi Sistem Ini Hitung Penggunaan Listrik Secara Valid

Artikel MITI Lintas Inovasi Sistem Ini Hitung Penggunaan Listrik Secara Valid

Sebagian besar pengguna sumber energi listrik di kalangan rumah tangga di Indonesia dilayani oleh perusahaan listrik negara (PLN). Pelayanan sumber energi listrik dilakukan dengan memasang sebuah kWh meter di setiap rumah pelanggan sebagai mesin pencatat pemakaian sumber energi listrik yang sekaligus dilengkapi dengan pembatas besar daya maksimal yang digunakan. PLN menerapkan dua sistem tagihan listrik yaitu sistem prabayar dan sistem paska bayar. Sistem prabayar diterapkan pada pelanggan yang meminta sambungan listrik baru atau pada pelanggan lama yang meminta migrasi ke sistem prabayar. Sedangkan untuk sistem paska bayar melalui proses yang cukup panjang yang dimulai dengan kedatangan petugas pencatat dari rumah ke rumah untuk mencatat besarnya penggunaan energi listrik (kWh meter) setiap bulannya.  Setelah itu dilakukan proses penagihan rekening listrik ke pelanggan setiap bulan dengan mengalikan besar penggunaan energi listrik dan harga setiap kWh sesuai dengan yang telah ditetapkan berdasarkan tipe pengguna jasa listrik.

Sistem pencatatan yang masih dilakukan secara manual rentan terjadi kesalahan dalam pencatatan pengukuran daya listrik oleh petugas pencatat yang berakibat pada kerugian pada pihak konsumen. Dalam beberapa kasus juga ditemukan kesulitan dalam melakukan pencatatan karena kondisi rumah kosong dengan pagar terkunci sehingga tidak memungkinkan dilakukan pencatatan oleh petugas.  Akibatnya, pelaporan penggunaan energi listrik pada kasus tersebut dilakukan dengan cara perhitungan estimasi atau pendekatan sehingga mengakibatkan rendahnya tingkat akurasi pengukuran penggunaan daya listrik. Untuk mengatasi permasalahan yang ada maka perlu adanya pencatatan pengukuran daya listrik secara elektronis, dalam hal ini perlu adanya pengukuran daya listrik secara digital pada tiap rumah pelanggan menggunakan sensor-sensor pengukur. Hasil pengukuran tersebut kemudian dikirimkan secara nirkabel melalui jaringan Internet menuju server database.

Prototipe jaringan sensor nirkabel (Wireless Sensor Network, WSN) dikembangkan untuk mengukur pemakaian energi listrik pelanggan rumah tangga secara realtime dan hasil pembacaan sensor tersebut dimonitor ditempat lain menggunakan sistem komunikasi nirkabel menggunakan jaringan mesh. Jaringan sensor nirkabel dibangun dengan memanfaatkan sensor tegangan dan arus yang dikendalikan oleh mikrokontroler Arduino UNO yang dihubungkan dengan sistem komunikasi nirkabel menggunakan protokol IEEE 802.15.4 (Zigbee). Data yang dikumpulkan dari simpul-simpul sensor dalam jaringan tersebut adalah pengukuran pemakaian energi listrik tiap pelanggan rumah tangga seperti arus dan tegangan yang kemudian bisa dikonversikan menjadi besaran daya listrik.

KOMUNIKASI

Hasil pembacaan dari sensor tersebut kemudian dikirimkan secara periodis melalui media nirkabel menuju sebuah koordinator melalui jaringan mesh. Data yang diterima oleh koordinator kemudian dikirimkan melalui serial port menuju komputer. Perangkat lunak kemudian mengolah mengolah data yang diterima dan menampilkan informasi mengenai besar pemakaian daya dan energi listrik tiap pelanggan.

Pihak penyedia sumber energi listrik seperti PLN dapat memanfaatkan jaringan sensor nirkabel yang dikembangkan untuk memonitor secara otomatis penggunaan energi listik tiap pelanggan rumah tangga sehingga dapat meningkatkan efisiensi waktu dan kinerja serta meminimalkan kesalahan dalam hal pencatatan pengukuran daya listrik secara manual oleh petugas pencatat. Sedangkan bagi pelanggan, sistem informasi yang dikembangkan dalam penelitian selanjutnya dapat memudahkan pelanggan dalam mencari informasi pemakaian energi listrik yang dapat diakses secara online dimanapun dan kapan saja.

Referensi :

Sulistyo, Selo,dkk. 2014. Rancang Bangun Jaringan Sensor Nirkabel Untuk Memonitor Pemakaian Energi Listrik Pelanggan Rumah Tangga. Fakultas Teknik UGM : Yogyakarta.

Leave a Reply