Insinerasi: Mengubah Sampah Menjadi Energi
Jul 22, 2016
Menghadapi Demam Pokemon GO di Indonesia
Jul 25, 2016

Sejuta Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuhmu

Semangka Merah via agmrc.org

Semangka Merah via agmrc.org

Semangka Merah via agmrc.org

Buah ini pasti tidak akan kamu lewatkan sebagai pencuci mulut. Rasanya yang manis dan kandungan airnya yang banyak membuat tubuhmu menjadi lebih segar setelah menyantapnya. Selain itu, semangka juga sering dikonsumsi sebagai buah utama dalam menu diet. Namun taukah kamu jika manfaat semangka ternyata jauh lebih banyak dari yang kita pikirkan?

Semangka kaya akan antioksidan yang disebut likopen. Antioksidan inilah yang membuat semangka berwarna merah. Selain membuat kulit segar walaupun tersengat sinar matahari, likopen juga bermanfaat sebagai antiradang yang menyehatkan pembuluh darah dan jantung.

Kandungan air pada semangka yang sekitar 92% dapat mengisi cairan di tubuhmu dan membuat suhu badanmu tetap normal. Kandungan kalori pada semangka yang rendah juga membuat semangka tidak membuat badanmu gemuk dan kelembaban kulitmu tetap terjaga.

Vitamin A dan C pada buah ini membuat kita terbebas dari penuaan dini. Vitamin C membantu memproduksi kolagen dan menangkal radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Sedangkan vitamin A pada semangka sangat baik untuk kekebalan tubuh, kesehatan mata, serta mengurangi minyak di wajah.

Mengonsumsi semangka secara teratur akan membuatmu tercegah dari sariawan. Kandungan vitamin C pada semangka dapat disetarakan dengan jeruk dan lemon sebagai penghambat berkembang biaknya bakteri di mulut.

Kalium pada semangka juga dapat membersihkan zat beracun pada ginjal,  menekan risiko pembentukan batu ginjal, dan menurunkan tekanan darah. Kalium juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Terlebih lagi, semangka mengandung karetenoid yang dapat mengurangi risiko hipertensi dan stroke.

Senyawa-senyawa lain yang terdapat pada semangka seperti flavonoid dan triterpenoid merupakan senyawa anti inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Lalu, jika kamu seorang yang senang berolahraga, mengonsumsi semangka dapat mempercepat pemulihan nyeri otot yang kamu alami pasca latihan. (NMY)

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf
Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply