Majalah Beranda Edisi Terbaru Sudah Terbit!
May 17, 2016
Awas, Indonesia Siaga Kejahatan Seksual Anak!
May 18, 2016

Secangkir Kopi Panas untuk Nge-charge Handphone

Ann Makosinski, pencipta eDrink via canadaam.ctvnews.ca

Ann Makosinski, pencipta eDrink via canadaam.ctvnews.ca

Ann Makosinski, pencipta eDrink via canadaam.ctvnews.ca

Bagi banyak orang jaman sekarang handphone atau lebih tepatnya smartphone seakan menjadi barang yang harus selalu ada dimanapun dan dalam keadaan apapun. Tidak heran apabila setiap kita menjejakan kaki dimanapun akan selalu terlihat orang-orang sibuk dengan smartphone nya, baik untuk urusan komunikasi pekerjaan atau bisnis namun juga tidak sedikit yang melepas penat dengan bermain games atau sibuk dengan media sosialnya.

Kalian pasti pernah merasa kesal ketika sedang asyik – asyiknya menggunakan smartphone tapi tiba-tiba saja handphone yang sedang kalian gunakan lowbat.

Ketika mengetahui baterai ponsel akan habis hal pertama yang kalian lakukan agar ponsel tetap menyala adalah mencari stop kontak atau powerbank untuk mengisi ulang baterai ponsel, bukan? Tapi apa jadinya jika tidak ada powerbank atau stop kontak di dekat kalian?

Ann Makosinski, seorang mahasiswi University of British Columbia yang baru berusia 18 tahun telah menciptakan eDrink, sebuah cangkir kopi yang bisa digunakan untuk menngisi ulang batere ponsel.

Cukup mengisi cangkir kopi dengan kopi panas atau minuman panas lainnya maka cangkir tersebut sudah bisa menyamai fungsi stop kontak dan powerbank.

eDrink ini bekerja dengan memanfaatkan energi panas dari kopi yang diubah menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan tersebut digunakan untuk mengisi daya baterai dengan bantuan kabel USB.

Enaknya lagi, karena energi panas diubah menjadi listrik maka kopi kita akan menjadi lebih cepat dingin. Jadi kita bisa men-charge handphone sambil menikmati secangkir kopi tanpa takut kepanasan. Tertarik Memilikinya?

(AS/Popsci)

Anis Sa'adah
Anis Sa'adah
Mahasiswa semester 4 jurusan Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia. Bergabung dalam Nano Research Society FTUI

Leave a Reply