Call for Contributors Beranda Inovasi edisi Agustus 2014 “PERUBAHAN ABAD INFORMASI”
Jul 16, 2014
Apa Kabar Swasembada Daging 2014?
Jul 17, 2014

Sahabat Miliki Gen Serupa

Apakah sahabat mempunyai gen yang sama?

Apakah sahabat mempunyai gen yang sama?

Apakah sahabat mempunyai gen yang sama?

BerandaInovasi.COM — Penelitian dari Framingham Heart Study di Massachusetts, Amerika Serikat, mengkalim bahwa kita lebih mirip secara genetis dengan teman-teman kita dibandingkan dengan orang lain. Seperti dilansir oleh BBC (15/7), para peneliti yang kontroversial tersebut merekrut hampir 2.000 orang dan menemukan bahwa terdapat persamaan genetika lebih besar pada orang-orang yang bersahabat seperti persamaan genetika pada level sepupu ke empat.

Most people don’t even know who their fourth cousins are! (Banyak orang tidak pernah tahu siapa sepupu keempat mereka),” ujar Prof Christakis kepada BBC. “Yet we are somehow, among a myriad of possibilities, managing to select as friends the people who resemble our kin. (Namun kita entah bagaimana, di antara segudang kemungkinan, mengelola untuk memilih teman yang menyerupai kerabat kita).”

 Kelompok peneliti dari AS tersebut telah mengumpulkan data genetika terperinci dalam jumlah besar, yaitu 1,5 juta penanda genetika, serta informasi mengenai teman dan kenalan. Hasil penelitian mneyatakan bahwa orang-orang yang berteman biasanya memiliki tingkat kemiripan yang tinggi, seperti orang-orang yag memiliki leluhur sama.

 [ads1]

Tingkat Kemiripan

Kelompok peneliti menyatakan bahwa kemiripan genetika antara orang yang bersahabat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kemiripan genetika orang yang mempunyai leluhur sama atau kelompok etnis yang sama. Mereka menjelaskan bahwa kemiripan genetika tertinggi terjadi dalam gen yang mempengaruhi indra penciuman dan kemiripan genetika terendah terjadi dalam gen yang berkaitan dengan imunitas tubuh.

 Para peneliti menduga, persahabatan lebih mudah terwujud di antara orang yang menyukai bau yang sama. Di sisi lain, rendahnya persamaan dalam sistem imunitas dapat mengurangi risiko keselamatan dalam kelompok persahabatan. Jika terserang penyakit berbahaya, ia tak mudah menyerang.

 Bagaimana menurut Anda? Coba cek sahabat Anda, apakah penelitian ini benar adanya? (DWH)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi
BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply