Unik: Batik Jaringan Tubuh dari UGM
Jul 7, 2014
Membangun Daya Saing Pangan Lokal di Pasar Modern
Jul 8, 2014

Sabun Herbal Berbahan Cokelat dan Yoghurt dari UNDIP

Sabun herbal berbahan dasar cokelat dan yoghurt. (Dok. Universitas Diponegoro)

Sabun herbal berbahan dasar cokelat dan yoghurt. (Dok. Universitas Diponegoro)

Sabun herbal berbahan dasar cokelat dan yoghurt.
(Dok. Universitas Diponegoro)

BerandaInovasi.COM — Kesehatan tubuh manusia tidak jauh dari kebersihan badannya. Tentu saja, semua orang menginginkan kesehatan, sehingga mereka harus peduli terhadap kebersihan badannya. Kebersihan badan tidak lepas dari pemakaian sabun yang dilakukan sehari-hari. Jika sabun yang banya di pasaran adalah sabun sintetik, maka mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) membuat inovasi sabun berbahan dasar cokelat dan yoghurt kacang hijau.

Tren pertanian organik dan obat herbal yang populer di masyarakat menginspirasi tiga mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika UNDIP untuk membuat sabun berbahan dasar cokelat dan yoghurt kacang hijau. Adalah Dewi Nur Halimah (Biologi), Noor Sa’adah (Fisika), dan Imam Hanafi (Fisika), penemu inovasi tentang perpaduan cokelat dan yoghurt kacang hijau yang lebih berkhasiat dibandingkan bila digunakan sendiri-sendiri.

Bahan dasar cokelat dipilih karena memiliki kandungan delapan kali anti oksidan dibandingkan strawberry yang baik untuk menangkal radikal bebas, antiaging (mengurangi penuaan), dan anti jerawat. Sedangkan yoghurt dapat membantu mencerahkan kulit dan kacang hijau mengandung vitamin untuk membantu menghilangkan jerawat, noda hitam, meremajakan, dan menghaluskan kulit.

[ads1]

“Produk kami yang kami namai Choyog Grebeans ini berbahan dasar herbal, jadi in sya Alloh baik dan aman untuk kulit,” ujar Noor Sa’adah seperti yang dirilis oleh situs resmi UNDIP. “Produk ini kami targetkan pada dua segmen pasar, yaitu mikro market di kawasan kampus Universitas Diponegoro danmakro market yaitu bermitra dengan salokn, toko-toko, dan market di Semarang,” tambahnya.

Mereka berharap, produk ini dapat diproduksi dalam skala besar, bukan lagi home industry, mengingat khasiatnya yang baik bagi kulit dan aman karena terbuat dari bahan-bahan alami. (DWH)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply