Smart Solar Panel Inovasi Mahasiswa ITS
Sep 1, 2014
Pemenang Nobel Bangun Laboratorium Sebesar 14 Inchi
Sep 4, 2014

Rumput Pinggir Jalan Ini Bisa Cegah Genotoksis

Rumput mutiara. (Dok. www.kinmatsu.idv.tw/)

Rumput mutiara. (Dok. www.kinmatsu.idv.tw/)

Rumput mutiara. (Dok. www.kinmatsu.idv.tw/)

BerandaInovasi.COM – Tahukah Sahabat Beranda, risiko terkena genotoksis atau rusaknya susunan genetika DNA dalam tubuh manusia dapat diakibatkan oleh zat karsinogenik seperti emisi kendaraan bermotor, radiasi, alkohol, dan asap rokok? Kerusakan genetika ini dalam jangka panjang dapat terasa efeknya, bahkan bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya. Hal ini wajib diwaspadai sebab genotoksik dapat menimbulkan penyakit-penyakit degeneratif serta kanker.

 Kelompok mahasiswa Farmasi UGM berhasil meneliti rumput mutiara (Hedyotis corymbosa (L.) Lam). Adalah Yoce Aprianto, Asri Mega Putri, Faradiba, dan Raisatun Nisa Sugiyanto menemukan bahwa pada rumput yang sering ditemukan di tanah lembab pinggir jalan ini mengandung senyawa antioksidan yang berperan menghambat ikatan dengan DNA, RNA, atau protein target. Senyawa antioksidan dapat melindungi tubuh dari kerusakan genetika akibat radikal bebas.

 “Selama ini rumput mutiara biasa digunakan sebagai obat radang usus buntu dan hepatitis,” ujar Yoce. Menurutnya, tanaman ini memiliki potensi sebagai agen kemoprevensi. Penelitiannya ini berhasil mendapatkan apresiasi tinggi di tingkat internasional menjadi  Winner of Scientific Research Competition dan Most Favourite Scientific Research Poster  dalam Asia-Pacific Pharmaceutical Symposium (APPS) di Malaysia. APPS Ke-13 diikuti oleh 11 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Australia, Selandai Baru, Jepang, Korea, Taiwan, India, Algeria, dan Sudan (DWH)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply