Mesin ini Bisa Mengubah Air Seni Menjadi Air Minum, Tertarik Mencoba?
Aug 4, 2016
Ternyata, Kotoran Babi dapat Menjadi Sumber Energi Terbarukan yang Menjanjikan
Aug 5, 2016

Rekor! California Aliri 6 Juta Rumah dengan Listrik Tenaga Surya!

Panel Tenaga Surya di Victorville, California via huffingtonpost.com

Panel Tenaga Surya di Victorville, California via huffingtonpost.com

Panel Tenaga Surya di Victorville, California via huffingtonpost.com

Kabar mengagumkan baru saja datang dari California, Amerika Serikat. Pemerintah setempat mengatakan bahwa 6 juta rumah di California akan di aliri listrik tenaga surya. Hal ini merupakan rekor penggunaan energi terbarukan yang ada di dunia.

California Independent System Operator (California ISO) mengatakan bahwa dengan memanfaatkan gelombang panas, panel-panel surya di negara bagian itu berhasil menangkap energi listrik sebesar 8.030 megawatt. Menurut San Fransisco Gate, jumlah energi tersebut lebih dari cukup untuk menerangi 6 juta rumah warga.

Keberhasilan ini merupakan dua kali lipat lebih besar dari produksi bulan Mei yang sebenarnya juga berhasil mengumpulkan cadangan listrik separuh lebih banyak dari yang dibutuhkan. Steven Greenly, perwakilan dari California ISO seperti dikutip dari Good News Network mengatakan bahwa California memang memiliki sinar matahari yang sangat besar.

Energi listrik yang tersedia ini hanya dihitung dari taman panel surya saja, belum termasuk panel-panel pribadi yang dipasang di rumah-rumah penduduk. Tenaga surya cenderung besar pada tengah hari hingga menjelang sore. Produksi listrik tenaga surya sangat besar dihasilkan pada periode waktu ini.

Apalagi setelahnya, pada saat prime time atau sekitar pukul 18.00, penggunaan listrik sedang dalam masa puncak. Seperti lampu rumah dan taman mulai menyala, penggunaan televisi, alat elektronik lainnya.

California akan terus konsisten menjankan misinya tentang energi terbarukan. Mereka sedang fokus untuk mewujudkan target 33 persen dari kebutuhan listrik negara bagian berasal dari energi terbarukan pada tahun 2020.

Pada 2015 lalu, Gubernur California, Jerrry Brown juga telah menandatangani Rancangan Undang-Undang (RUU) energi terbarukan yang menyebutkan bahwa 50 persen kebutuhan listrik negara bagian tersebut harus berasal dari energi terbarukan seperti matahari, angin, dan air pada tahun 2030. (NMY/Huffitongpost.com)

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf
Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply