Analisis Industri Coal Bed Methane (CBM) sebagai Energi Alternatif di Indonesia
Jul 17, 2013
Saatnya Memanen Energi dari Sampah
Jul 19, 2013

Potensi Energi Geothermal untuk Kesejahteraan Bangsa

geothermal-energy-1

Energi yang ramah lingkungan dan terbarukan adalah dua poin penting dalam menghadapi era milenium ke depan. Energi tersebut juga harus efektif dan murah untuk mencukupi kebutuhan rakyat Indonesia yang memiliki jumlah penduduk besar. Salah satu energi tersebut adalah energi geotermal. Indonesia merupakan negara yang memiliki cadangan sumber daya energi panas bumi (geotermal) terbesar di dunia.

Energi geotermal berasal dari aktivitas vulkanik/gunung api yang panasnya dimanfaatkan untuk menghasilkan uap dan menggerakkan turbin generator sehingga menghasilkan listrik yang besar. Potensi terdapatnya energi geotermal di Indonesia sangatlah besar dibandingkan dengan energi lainnya seperti batu bara. Wilayah geografis Indonesia yang berada pada area Ring of Fire memungkinkan pemanfaatan energi geotermal ini sebagai pembangkit listrik yang efisien dan ramah lingkungan. Sebut saja PT Pertamina Geothermal Energy yang sudah memanfaatkan potensi energi geotermal secara menyeluruh. Dampak langsungnya seperti yang terdapat di Sulawesi Utara, tepatnya di Pertamina Geothermal Energy (PGE) Lahendong yang memasok listrik di kawasan ibukota provinsi, yaitu Manado. Kota Manado menjadi suatu wilayah di Sulawesi Utara yang memiliki pertumbuhan ekonomi tertinggi, bahkan Provinsi Sulawesi Utara menjadi provinsi yang memiliki pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sulawesi pada tahun 2012 sebesar 7,6%. Persentase pertumbuhan ekonomi tersebut lebih besar dibandingkan dengan persentase pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 6%. Hal ini karena pasokan sumber energi listrik untuk menggerakkan roda perekonomian yang cukup dari PGE Lahendong. Hal ini merupakan bukti nyata dari keberhasilan pemanfaatan energi nasional berupa energi geotermal yang digunakan secara maksimal untuk menyejahterakan rakyat sekitar.

PT Pertamina Geothermal Energy merupakan anak perusahaan dari PT Pertamina yang berfokus pada pemanfaatan energi geotermal tanah air untuk menghasilkan listrik bagi konsumsi masyarakat Indonesia. Saat ini, terdapat sekurang-kurangnya 251 lokasi potensi geotermal di seluruh Indonesia yang tersebar di 26 provinsi dengan total potensi energi 27.140 MW atau setara dengan 219 milyar ekuivalen barel minyak. Sangat mencengangkan, sebab potensi energi geotermal di Indonesia mencakup 40 % potensi geotermal dunia. Namun, hanya sekitar 4 % atau 1.194 MW dari potensi yang ada baru dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Proses produksi energi geotermal menjadi energi listrik memang tidak sederhana. Energi geotermal yang berasal dari magma tidak serta-merta langsung digunakan secara praktis untuk menghasilkan energi listrik. Dalam pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) biasanya digunakan metode Enhanced (or Engineered) Geothermal Systems (EGS). Departemen Energi Amerika Serikat mendefinisikan EGS sebagai perekayasaan reservoir tanah untuk mengekstrak panas dari permeabilitas yang rendah (jumlah akuifer yang minim). Jadi, metode EGS ini digunakan di tempat-tempat yang memiliki tingkat air tanah di lapisan akuifer yang rendah akibat curah hujan yang rendah pula.

Di Indonesia sendiri, metode ini digunakan agar pasokan air yang digunakan dalam proses di PLTP tidak bergantung kepada alam sehingga produksi listrik bisa terus berjalan walaupun curah hujannya cukup tinggi. Dalam metode EGS ini digunakan dua jenis sumur untuk keperluannya, yaitu injection well dan production well. Injection well adalah sumur yang digunakan untuk menginjeksi air dari permukaan ke lapisan intrusi magma di perut bumi sedangkan production well adalah sumur yang digunakan untuk memproduksi hasil pemanasan air oleh magma dari perut bumi ke permukaan untuk disalurkan ke pipa-pipa yang menuju generator. Secara skematis, proses tersebut dapat dilihat dari bagan berikut:

Kebutuhan air dalam pengoperasian PLTP ini menjadi sangat penting. Air yang digunakan dalam metode EGS ini bisa digunakan kembali untuk melakukan injeksi ke dalam lapisan magma sehingga tidak membuang-buang ketersediaan air di sekitar lingkungan tersebut walaupun kurang dari 10%-nya biasanya menguap ke atmosfer ketika berada di permukaan.

Penjelasan di atas merupakan suatu bukti nyata bahwa Indonesia sudah selayaknya bisa mandiri dalam mengelola sumber energinya. Kita semua yakin bahwa sumber daya manusia generasi Indonesia sudah mampu dan ahli untuk mengolah kekayaan negerinya sendiri. Dengan memanfaatkan energi geotermal ini saja, tidak akan ada lagi pemadaman bergilir yang dilakukan oleh PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) yang dapat menghambat proses produksi roda perekonomian masyarakat Indonesia. Seharusnya pemerintah memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan serius untuk mengelola energi nasional untuk memenuhi kebutuhan rakyat.

Energi geotermal merupakan anugerah dari Tuhan untuk negara Indonesia agar dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh pemerintah dan rakyatnya yang tidak akan pernah habis dalam jangka waktu 5 tahun. Hal ini disebabkan karena energi geotermal berasal dari magma yang akan selalu berada di perut bumi dan juga daerah aktif lempeng bumi. Telah kita ketahui bahwa Indonesia berada di perbatasan lempeng yang saling bertemu sehingga menciptakan banyak sekali gunung berapi di Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Papua hingga pulau-pulau di Nusa Tenggara. Oleh karena itu, sudah saatnya bangsa Indonesia benar-benar mandiri dalam mengolah sumber energinya yang dapat dimanfaatkan untuk keberlangsungan roda perekonomian negara berupa produksi energi listrik untuk kebutuhan masyarakat.

Selain itu juga, dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 7 tahun 2012 tentang Peningkatan Nilai Tambah Mineral Melalui Kegiatan Pengolahan dan Pemurnian Mineral yang salah satunya berbunyi “Kegiatan pengolahan dan/atau pemurnian ditetapkan batasan minimum pengolahan dan/atau pemurnian berdasarkan atas pertimbangan yang salah satunya untuk mendorong peningkatan kapasitas produksi logam di dalam negeri,“ energi listrik yang dihasilkan dari pemanfaatan energi geotermal dapat digunakan untuk mengolah sumber daya alam mentah Indonesia. Banyak dari sumber daya alam Indonesia berupa bahan tambang hanya diambil bijihnya saja dan diekspor untuk diolah menjadi bahan jadi sehingga hanya sedikit keuntungan dari sektor tambang yang disumbangkan ke negara. Dengan pemanfaatan energi geotermal yang melimpah ini, akan banyak pabrik pengolahan bahan tambang yang didirikan di dalam negeri, tentunya dengan daya dukung energi listrik yang menunjang dalam keberlangsungan proses di pabriknya.

Indonesia adalah negara kaya dengan sumber daya alam, termasuk sumber energi. Sumber daya alam yang melimpah hanya dapat diolah dengan daya dukung energi yang cukup. Indonesia sudah memiliki keduanya. Sumber daya manusianya pun sudah mumpuni untuk mengolah semua itu menjadi sebuah ladang “emas” baru yang lebih besar dari keuntungan minyak bumi dan sumber daya alam lain yang jumlahnya kian hari kian menipis karena tidak bisa dihasilkan kembali. Sudah saatnya Indonesia bertransformasi dari negara berkembang menjadi negara maju seperti Singapura dan Korea Selatan. Kita pasti bisa, generasi muda Indonesia!

Oleh : Dian Widya Putri

Mahasiswa Jurusan Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB)

Referensi:

Tester, Jefferson W., 2006, The Future of Geothermal Energy Impact of Enhanced Geothermal Systems(EGS) on the United States in the 21st Century, Massachusetts Institute of Technology.

Susyanto, 2012, Peraturan Menteri ESDM No. 7 tahun 2012 Tentang Peningkatan Nilai Tambah Mineral, dilihat 10 Februari 2013, <http://www.esdm.go.id/siaran-pers/55-siaran-pers/5693-peraturan-menteri-esdm-no-7-tahun-2012-tentang-peningkatan-nilai-tambah-mineral.html>.

Tentang Panas Bumi, Pertamina Geothermal Energy, dilihat 10 Februari 2013,  <http://pge.pertamina.com/index.php?option=com_content&view=article&id=19&Itemid=8>.

Pertumbuhan Ekonomi Sulut Tumbuh 7,47 Persen, Tribun Manado, dilihat 10 Februari 2013, <http://manado.tribunnews.com/2012/08/06/pertumbuhan-ekonomi-sulut-tumbuh-747-persen>.

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply