Budidaya Kedelai di Indonesia
Sep 20, 2012
Ironi Kedelai Di Negeri Tempe
Sep 25, 2012

Perkembangan Inovasi Budidaya Kedelai

Produktivitas kedelai Indonesia yang rendah merupakan salah satu penyebab terjadinya kelangkaan yang melanda saat ini. Akibatnya, Indonesia harus mengimpor kedelai untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri. Padahal dengan optimasi produktivitas yang dilakukan, swasembada kedelai yang dicanangkan tercapai pada tahun 2014 bisa tercapai.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan upaya menuju swasembada dapat dilakukan melalui peningkatan produksi dan perluasan areal. Mentan menambahkan, berbagai inovasi teknologi bidudaya telah dihasilkan oleh berbagai pihak, Badan Litbang Pertanian, Perguruan Tinggi, LIPI, dan Batan, tetapi hasil tersebut masih tercerai berai, sehingga Kemetrian Pertanian mencoba untuk memadukan akan tercipta kesinergian.

Beberapa penemuan dan inovasi terkait dengan budidaya kedelai, antara lain:

  1. Pakar kedelai Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Munif Ghulamahdi  menemukan inovasi untuk  menjawab masalah rendahnya  produktivitas tanaman kedelai. Caranya adalah lewat teknologi budidaya kedelai di lahan pasang surut.
  2. Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan 57 varietas, yang memiliki kesesuaian dengan agroekosistem, kesesuaian dengan industri, toleran terhadap cekaman biotik (hama dari penyakit), dan cekaman abiotik (toleran kekeringan, kebasahan dan kemasaman).
  3. Budidaya yang dilakukan dengan cara tumpang sari diantara tanaman kayu putih yang dilakukan oleh Badan Litbang Pertanian di Kawasan Hutan Kayu Putih di Ponorogo.
  4. Budidaya kedelai yang dilakukan dibawah tegakkan pohon jati, yang dilakukan oleh Balitkabi (Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian di Kawasan Hutan Jati Ngawi. (RAP)

Referensi:

1. Anonim. 2012. Budidaya Kedelai di Sela Hutan Kayu Putih. [Terhubung Bekala].  http://tabloidsinartani.com/budidaya-kedelai-di-sela-hutan-kayu-putih.html. [24 September 2012]

2. Anonim. 2012. Menggerakkan Produksi Kedelai di Hutan Jati. [Terhubung Berkala]. http://ews.kemendag.go.id/berita/NewsDetail.aspx?v_berita=1775. [24 September 2012].

3. Baheramansyah. 2012. Peningkatan Produksi Kedelai Butuh Rakitan Inovasi Teknologi Unggulan. [Terhubung Berkala]. http://infopublik.kominfo.go.id/index.php?page=news&newsid=30371. [24 September 2012]

4. Yunan. 2012. Teknologi Budidaya Jenuh Air Pasang Surut untuk Tekan Impor Kedelai. [Terhubung Berkala]. http://sains.kompas.com/read/2012/08/21/19483158/Teknologi.Budidaya.Jenuh.Air.Pasang.Surut.untuk.Tekan.Impor.Kedelai. [24 September 2012]

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply