Biofuel Generasi Kedua: Solusi Dilema Pangan dan Energi
Aug 22, 2013
Mengubah Sekam Menjadi Energi
Sep 6, 2013

Perilaku Konsumsi dan Penghematan Energi

PEMBATASAN BBM BERSUBSIDISebagai negara dengan jumlah penduduk besar, Indonesia dihadapkan pada masalah penyediaan kebutuhan dasar masyarakat. Salah satu hajat hidup yang harus dipenuhi oleh negara adalah ketersediaan energi. Permintaan energi berasal dari beberapa sektor yaitu Sektor Transportasi, Rumah Tangga, Komersial, Pertanian, Konstruksi, dan Pertambangan (PKP). Pada tahun 2010, total pemakaian energi final mencapai 800 juta SBM (Indonesia Energy Outlook, 2010). Dengan jumlah penduduk yang terus meningkat bahkan diperkirakan Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, maka pada tahun 2030 diproyeksikan konsumsi final energi akan mencapai 2.500 Juta SBM (IEO, 2010).

Tabel 1. Permintaan Energi Final Menurut Sektor, 2010-2030 ( Menurut Skenario Dasar)

energi

                Sumber : Indonesia Energy Outlook, 2010, Kementerian ESDM

Penyediaan energi untuk kebutuhan domestik maupun ekspor sebagian besar ditopang oleh sumber energi fosil yaitu BBM, gas, LPG, listrik dan batubara. Prosentase terbesar penggunaan energi fosil tersebut adalah BBM yang mencapai 63% (sumber: Blueprint Pengelolaan Sumber Energi Nasional 2005-2015). Seperti yang jamak diketahui, energi fosil merupakan sumber enegi yang tidak bisa diperbaharui sehingga seiring berjalannya waktu, cadangan sumber energi ini pun semakin menipis.

Berbagai kebijakan untuk menanggulangi kesenjangan antara permintaan dan penyediaan energi telah ditempuh pemerintah. Salah satunya adalah dengan menggalakkan upaya eksplorasi dan eksploitasi sumber-sumber energi baru dan terbarukan. Melalui Peraturan Presiden No 5 Tahun 2006 Tentang Kebijakan Energi Nasional, pemerintah mencanangkan untuk memulai pemanfaatan energi baru dan terbarukan. Meski sumber energi baru melimpah, namun terdapat beberapa kendala dalam pemanfaatannya, yaitu biaya produksi yang tinggi serta nilai ekonomi dari energi ini yang rendah ( Ibrahim, 2009). Oleh sebab itu, perlu ada langkah kongkrit lain yang harus diambil.  

Dalam menyelesaikan persoalan kebutuhan energi, pendekatan yang dilakukan tidak hanya dari segi penyediaan, melainkan harus dibarengi dengan perubahan pada sektor permintaan. Perubahan perilaku konsumsi energi merupakan salah satu langkah kongkrit dan sederhana yang bisa dilakukan oleh masyarakat, baik itu dalam skala rumah tangga maupun industri dengan dukungan penuh pemerintah. Sebab konsumsi energi selama ini cenderung mengarah pada inefisiensi yang tidak memberi kontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi. Hal ini setidaknya bisa dilihat dari tingkat elastisitas dan intensitas energi Indonesia yang masih tinggi dibanding beberapa negara maju seperti Jepang (Ikawati, 2013).

Potensi penghematan yang dimungkinkan jika perilaku hemat dilakukan, untuk sektor industri, potensi penghematan energi antara 10-30 persen dari target tahun 2025 sebesar 17 persen, sektor komersial, potensi penghematan energi antara 10-30 persen dari target tahun 2025 sebesar 15 persen. untuk sektor transportasi, 15-30 persen dan target tahun 2025 sebesar 20 persen dan sektor rumah tangga, penghematan energi antara 15-30 persen dengan target di tahun 2025 sebesar 15 persen. (EBTKE ESDM, 2013) Perilaku penghematan energi ini bisa dipraktekkan dalam keseharian. Mengubah perilaku konsumsi energi sambil tetap mengawal proses implementasi sumber energi terbarukan akan menjadi langkah strategis dalam mencegah bangsa ini menuju krisis energi. Semoga. (Nuri-MITI)

Sumber :

Indonesia Energy Outlook, 2010, Kementerian ESDM

Blueprint Pengelolaan Sumber Energi Nasional 2005-2015

Ibrahim, Herman Daniel. 2009. Pengembangan Energi Terbarukan: Regulasi Pricing, Pembiayaan Biaya Tambahan dan Penyediaan Dana Domestik. Diakses dari http://www.den.go.id/index.php/wawancara/readArtikel/10

EBTKE. 2013. Potensi Penghematan Perilaku Capai 17 Persen. Diakses dari http://www.ebtke.esdm.go.id/en/energy/energy-conservation/923-potensi-penghematan-perilaku-hemat-capai-17-persen.html

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply