Beranda Inovasi Official Call for Contributor (Penulis Artikel dan Opini) Edisi: Januari 2013
Jan 11, 2013
Teratai: Tanaman Rawa yang Berkhasiat
Jan 23, 2013

Peningkatan Partisipasi Aktif Masyarakat dalam Program Pemberdayaan Masyarakat

masyarakat di program comdev MITIPemberdayaan masyarakat merupakan langkah mengikutsertakan partisipasi masyarakat dalam pembangunan nasional dengan melibatkan masyarakat dalam keseluruhan proses, keterampilan analitis dan perencanaan pembangunan, yang dimulai dari daerah tempat mereka berkarya.

Pemberdayaan yang baik melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat. Yang dimaksud dengan partisipasi di sini adalah proses aktif inisiatif yang diambil oleh masyarakat, dibimbing oleh cara berpikir mereka sendiri, dengan menggunakan saran dan proses (lembaga dan mekanisme) dimana mereka dapat mengontrol secara aktif (Nasdian 2006).

Pendekatan kepada masyarakat yang dilakukan untuk menginisiasi program pemberdayaan masyarakat haruslah disesuaikan dengan kondisi daerahnya. Hal yang harus disesuaikan antara lain mencakup komoditas utama yang ada pada daerah target pemberdayaan, serta penggunaan teknologi tepat guna dan ramah lingkungan yang sesuai. Kesesuaian dengan kondisi daerah, baik sesuai dengan kebutuhan maupun dengan keunggulan dari masing-masing daerah, sangatlah penting untuk menciptakan program pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Namun, yang terjadi saat ini adalah timbulnya beberapa permasalahan yang disebabkan karena kurangnya partisipasi masyarakat dalam program yang akan dijalankan. Banyak program yang seolah-olah berasal dari “atas” dan masyarakat hanya tinggal melaksanakan. Selain itu, proses penentuan kebutuhan atau “need assesment” hanya dilakukan berdasarkan data sekunder, tanpa mengetahui kondisi sebenarnya yang seharusnya dilakukan melalui riset lapangan atau wawancara kepada masyarakat sekitar. Sehingga menyebabkan timbulnya kesenjangan antara peneliti, pemrakarsa dan pelaksana program. Dan akibatnya program yang harusnya bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui keikutsertaan dan partisipasi tidak dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Berkaitan dengan penerapan teknologi ramah lingkungan dan tepat guna, sangat penting untuk mendapat perhatian lebih lanjut. Karena, Banyak penelitian yang telah dilakukan sangat jauh berbeda dengan kebutuhan masyarakat di lapangan saat ini. Banyak hasil-hasil penelitian yang hanya teronggok dalam jurnal yang tergeletak di perpustakaan tanpa dapat diaplikasikan sehingga bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Berkaca dari hal tersebut, maka sangat penting untuk melihat kebutuhan masyarakat saat ini sebagai suatu sumber dalam penentuan tema penelitian yang akan dilakukan. Pengenalan kondisi masyarakat dan kebutuhannya dapat dilakukan dengan cara mengunjungi langsung wilayah yang akan diberdayakan, mencari tahu permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat dengan wawancara atau berdiskusi dengan masyarakat setempat. Selain itu alangkah baiknya jika melibatkan masyarakat dalam keseluruhan proses, mulai dari survey awal sampai perencanaan dan pengorganisasian kegiatan program. Dengan demikian, selain program yang dijalankan akan lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat,  juga akan meningkatkan kemampuan analitis dan perencanaan program oleh masyarakat. Serta, secara bertahap ketergantungan pada pihak luar di masa yang akan dating dapat dikurangi. (RAP)

Sumber:

NAsdian FT. 2006. Pengembangan Masyarakat. Bagian Sosiologi Pedesaan dan Pengembangan Masyarakat, Departemen Komunikasi Pengembangan Masyarakat IPB.

Tim Editor. 1994. Berbuat Bersama, Berperan Setara-Pengkajian dan Perencanaan Program Bersama Masyarakat. Bandung: Studio Driya Media.

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply