Potensi Budidaya Rumput Laut (Caulerpa sp.)
Mar 25, 2013
Ekstraksi Karaginan dari Rumput Laut Merah dengan Batu Kapur
Mar 27, 2013

Pengembangan UMKM di Kota Tangerang Selatan

pameran3Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha yang banyak tersebar di Indonesia. Di Kota Tangerang Selatan, ada sekitar lima jenis UKM atau industri kerajinan yang meliputi kerajinan kayu berjumlah 165 unit, anyaman 28 unit, gerabah 1 unit, kain 293 unit dan makanan 164 unit. Selain itu, terdapat 7 unit pabrik dalam  satu kawasan industri (data Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan). Keberadaan UMKM ini berpotensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi tahun 2013 di Kota Tangerang Selatan.

Pada Tahun 2012, data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat laju pertumbuhan ekonomi di Kota Tangerang Selatan mencapai angka 8,7%. Dengan laju pertumbuhan ekonomi yang terdapat diatas nilai rata-rata laju pertumbuhan ekonomi nasional (6%), Kota dengan motto cerdas, modern, dan religius ini mampu meningkatkan pertumbuhan UMKM menjadi lebih baik. Serta dapat ikut mendorong ekspansi usaha kecil dan menengah di kawasan Asean (Chairil et al. 2013).

Pemerintah setempat sempat mengeluarkan kebijakan, yakni memberikan secara gratis sertifikat tanah dan merk Harta Karya Intelektual (HAKI) kepada 50 pelaku UMKM di Kota Tangerang Selatan. Kebijakan ini sangat membantu pelaku UMKM untuk mendapat kemudahan akses modal usaha atau kredit usaha dari bank. Keberlanjutan kebijakan sangat diperlukan agar program tidak berhenti di tengah jalan. Mengingat belum berkembangnya potensi UMKM diantaranya dikarenakan terkendala masalah akses modal kerja atau kredit usaha, deregulasi, manajemen usaha dan administrasi serta kontinuitas pasokan bahan baku.

Keterlibatan stakeholder dan forum para pelaku usaha diperlukan untuk meningkatkan pengembangan UMKM. Selain itu juga, pameran hasil produk mampu meningkatkan tingkat penjualan sebesar 15-20% seperti yang dirasakan beberapa UMKM saat memasarkan produknya pada rangkaian pameran buku bernuanasa Islam terbesar di Indonesia.

Dukungan akan pengembangan UMKM di daerah dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menumbuhkan lapangan pekerjaan, dapat mengembangkan ekonomi kerakyatan dan pada akhirnya bisa mensejahterakan masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia, seperti yang sedang digalakan di Kota Tangerang Selatan ini.

Oleh: Sucipto, Alumni Universitas Muhammadiyah Tangerang

Sumber:

Chairil et al. 2013. Prospek Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2013. [Terhubung Berkala]. http://www.setneg.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=6765&Itemid=29.

Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi
BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

3 Comments

  1. abu Sasya says:

    Sepakat, Pemkot Tangsel harus dukung pengembangan UMKM dengan membuat ruang pameran yang besar.

  2. Ekonomi merupakan ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi. Melihat kebutuhan ekonomi masyarakat yang semakin hari semakin meningkat, maka diperlukanlah pemberdayaan manajemen industri kecil dan mikro.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai manajemen industri kecil dan mikro yang bisa anda kunjungi di http://ps-mikam.gunadarma.ac.id

Leave a Reply