Dari Skripsi Jadi Inovasi: Inilah Alat Pendeteksi Dini Penyakit Jantung Ciptaan Mahasiswa ITB!
Dec 16, 2015
Ilmuwan Berusaha Mewujudkan 8 Hal Fiksi di Star Wars Ini Menjadi Fakta Ilmiah
Dec 18, 2015

Penemuan ini Mirip dengan Kendaraan di Film Star Wars

Electric Diwheel With Active Rotation Damping

Electric Diwheel With Active Rotation Damping

Electric Diwheel With Active Rotation Damping

Kamu pecinta film Star Wars? Kalau iya, kamu pasti tidak asing dengan kendaraan anti-gravitasi yang sering digunakan di film star wars.

Ternyata, kendaraan di film star wars ini ada di dunia nyata. Mahasiswa dari Universitas Adelaide, Australia, yang berjumlah 14 orang, telah menemukan kendaraan listrik yang mereka namakan EDWARD (Electric Diwheel With Active Rotation Damping).

Alat ini dikembangkan mirip bentuknya dengan kendaraan anti-gravitasi yang dikendarai Jenderal Grievous di film Star Wars: Revenge Of Sith dalam adegan kejar-kejaran dengan para jedi. Berbentuk lingkaran dengan dua roda di samping, dan satu kursi pengemudi di tengahnya.

jenderal Grievous

jenderal Grievous

Kendaraan ini didesain untuk bisa tetap stabil meski kendaraan dalam posisi terbalik. Namun, jika pengemudi menginginkan, pengemudi juga bisa mengendarainya secara terbalik.

Memang salah satu masalah utama dalam penemuan ini adalah untuk menstabilkan pengemudi ketika kendaraan sedang berjalan. Adanya efek gerbiling, kecenderungan pengemudi untuk tidak stabil/bolak-balik ketika pengereman atau akselerasi yang kencang, menjadi permasalahan dasar yang harus dibereskan oleh ke-14 mahasiswa universitas Adelaide tersebut.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, mereka menggunakan sebuah hardware komputer yang dirancang khusus. Juga ditambahkan sebuah software yang dirancang untuk mengatur roda melalui sebuah joystick dan sebuah panel kontrol yang menggunakan touch screen. Dengan demikian, pengemudi dapat stabil ketika mengendarai kendaraan ini.

Meski kendaraan ini hanya mampu kecepatan maksimal 40 km/jam, namun temuan mahasiswa Universitas Adelaide ini sekilas bisa menggambarkan transportasi yang ada di masa depan.

Dengan bentuk yang tidak begitu besar seperti mobil konvensional, EDWARD mungkin saja dapat menyelesaikan masalah kemacetan yang ada di lingkungan perkotaan.

Jack Parsons, mewakili tim penemu, mengatakan bahwa kendaraan ini tidak hanya mampu bergerak saja. Namun juga ramah lingkungan karena digerakkan dengan tenaga listrik.

Jika kendaraan ini sudah dapat digunakan di lalu lintas umum, maka nantinya, setiap hari kita akan berasa seperti di dunia star wars (BTA)

Bagus Tri Adikarya
Bagus Tri Adikarya
Bekerja di Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi (MITI) sebagai Peneliti dan Analis data.

Leave a Reply