Alat Ini Bisa Deteksi Skizofrenia Dalam Hitungan Menit
Jun 9, 2015
Berandi MITI Artikel Berharap Pada Green Building
Berharap Pada Green Building
Jun 16, 2015

Pencitraan Partikel Berkecepatan Tinggi Karya Indonesia

Rekontruksi citra ECVT menggunakan NN-MOIRT algorithm. (a) media air, (b) media minyak kelapa

Pemetaan kecepatan banyak digunakan dalam proses investigasi dinamika fluida pada berbagai industri. Namun, teknologi yang ada saat ini belum banyak mendukung untuk mengetahui proses yang berjalan secara real time dalam waktu singkat dan energi rendah. Menjawab permasalahan tersebut, C-Tech Labs Edwar Technology mengembangkan teknologi ECVT yang dapat mengetahui profil kecepatan di dalam berbagai medium secara empat dimensi. Teknologi ECVT yang digabungkan dengan teknik Volume Tomography Image Velocimetry ini menjadi salah satu pusat perhatian dalam The International Workshop on Computed Tomrography and Imaging Technology (IWMyCT) 2015, Senin (1/06), di Kuala Perlis, Malaysia.

Rekontruksi citra ECVT menggunakan  NN-MOIRT algorithm. (a) media air, (b) media minyak kelapa

Rekontruksi citra ECVT menggunakan NN-MOIRT algorithm. (a) media air, (b) media minyak kelapa

Investigasi dinamika fluida menjadi hal yang sangat penting dalam berbagai industri untuk mencapai kinerja dan efisiensi terbaik. Sejumlah teknik investigasi dinamika fluida saat ini berkembang dalam dua tipe, yaitu intrusive dan non-intrusif. Teknik intrusif seperti pemeriksaan momentum, suhu, probe kapasitansi, probe serat optik, dan lain sebagainya. Namun teknik-teknik ini bukan hanya menggangu struktur aliran, namun juga membutuhkan penempatan probe dalam pipa. Sedangkan teknik non-intrusif seperti X-Ray, optik, Nuclear Magnetic Resonance (NMR), dapat menghasilkan pengukuran yang akurat tanpa menggangu dinamika aliran, namun membutuhkan energi yang sangat tinggi.

ECVT menjadi salah satu metode pada teknik tomografi real time dan non-intrusif yang kini tengah dikembangkan dalam investigasi dinamika fluida dengan energi relatif rendah. Teknik ini memanfaatkan efek medan listrik untuk merekontruksi gambar secara volumetrik pada sensing zone berupa pipa atau bentuk sembarang dari data pengukuran kapasitansi menggunakan elektroda sensor yang melekat pada dinding luar. Pengembangan metode ECVT pada proses investigasi dinamika fluida ini tengah dikembangkan oleh C-Tech Labs Edwar Technology dengan teknik Volume Tomography Image Velocimetry sejak tahun 2003.

Peserta IWMyCT 2015, forum diskusi dalam bidang riset tomografi komputasi dan teknologi pencitraan yang diselenggarakan dalam cakupan regional ASEAN, mengakui bila kelebihan alat yang dikembangkan di Tangerang ini adalah hanya memerlukan energi yang sangat rendah. Kecepatan tinggi dalam mengakuisisi data juga menjadi keunggulan lainnya. Tantangan berikutnya, C-Tech Labs Edwar Technology akan melakukan penelitian kembali dengan aliran multi fasa menggunakan ECVT 128-CH dan komputasi tingkat tinggi. (DWH)

Deslaknyo Wisnu Hanjagi
Deslaknyo Wisnu Hanjagi
Deslaknyo Wisnu Hanjagi menunjukkan kecintaannya terhadap bidang pertanian sejak kecil. Lahir dari keluarga petani, lulusan Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB ini semasa kuliahnya mengambil minor Agronomi dan Hortikultura. Karyanya telah diterbitkan dalam berbagai prosiding nasional maupun internasional. Dengan spesialisasi keilmuan di bidang pengembangan masyarakat, penyuluhan, kependudukan, sosiologi pedesaan, dan kajian agraria, Deslaknyo berharap dapat berkontribusi untuk memajukan pertanian Indonesia demi kedaulatan Bangsa.

Leave a Reply