Energi non-Konvensional Berbasis Kelautan untuk Masa Depan Indonesia
Oct 22, 2013
Pemanfataan Turbin T-Files pada Fenomena Pasang Surut Air Laut sebagai Sumber Energi Berkelanjutan
Oct 24, 2013

Pemanfaatan Potensi Energi Gelombang Laut di Kawasan Wisata Water Blow Nusa Dua Bali Sebagai Penerangan Taman

OWC

Sumber ilustrasi: http://www.sciencebuddies.org/Files/4073/5/Energy_img062.jpg

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki wilayah laut terbesar sekitar dua per tiga wilayah Indonesia adalah laut. Memasuki era modern ini banyak para ilmuan meneliti tentang energi gelombang laut, bila berbicara tentang topografi Indonesia tentunya cocok untuk dikaji secara intensif dalam hal pemanfaatan energi gelombang laut di berbagai belahan pulau. 

coakan water blow nusa dua

Gambar 1 Coakan Nusa Dua Bali

Pulau Bali merupakan salah satu pulau bagian Indonesia yang memiliki topografi pantai, dimana disalah satu lokasi pariwisatanya terdapat daerah yang memiliki deburan ombak besar yaitu Water Blow Nusa Dua. Deburan ombak tersebut memiliki potensi energi kinetik dan potensial gelombang yang bisa dimanfaatkan denga menggunaka Sistem konversi energi berupa PLTGL tipe Oscillating Water Column (OWC).

Sistem konversi OWC memanfaatkan gelombang yang masuk ke dalam sebuah ruangan atau chamber yang akan menekan dan menghisap udara didalamnya, kemudian udara tersebut menggerakan turbin. Pada umumnya konstruksi turbin berjenis turbin aksial, sedangkan pada artikel ini penulis menyajikan skema konsep turbin radial yang dirancang khusus untuk berputar satu arah meskipun direksi aliran udaranya bolak-balik akibat pengaruh tekan dan hisap gelombang yang masuk ke chamber. Turbin akan berputar kontinyu seiring dengan intensitas gelombang, semakin teratur perioda gelombang maka semakin teratur juga putaran turbin sehingga energi listrik yang dibangkitkan di generator mendekati konstan. Namun apabila perioda dan intensitas gelombang tidak beraturan maka putaran turbin pun akan tidak kontinyu dan akan menghasilkan energi listrik yang fluktuatif sehingga sistem power plant ini memerlukan stabilizer daya listrik sebelum pembebanan (digunakan untuk penerangan).

turbin 1

Gambar 2 Skema turbin radial PLTGL tipe OWC dengan model sudu savonious dan PIGV (Permanent Inlet Guide Van)

turbin 2

Gambar 3 Direksi fluida saat gelombang menekan udara

Gambar di atas menunjukan direksi dari fluida kerja pada saat gelombang menekan udara di chamber dan mengarah ke turbin (1), udara masuk dan terjadi kompresi (2), udara diarahkan oleh PIGV menuju sudu-sudu turbin (3), sebagian energi kinetik udara di “serap” turbin (4) dan  sebagian terbuang keluar sistem (5,6), sedangkan udara yang tidak diarahkan PIGV mengalir ke bagian lain (7,8,9) namun tidak begitu mengganggu putaran dikarenakan bentuk belakang sudu-sudu mampu mendifuser udara.

turbin 3

Gambar 4 Direksi fluida saat gelombang menghisap udara

Gambar di atas menunjukan direksi dari fluida kerja pada saat gelombang menghisap udara di chamber mengarah ke turbin (1), udara masuk dan terjadi kompresi dan udara diarahkan oleh PIGV (2) menuju sudu-sudu turbin (3), udara terhisap menuju chamber (4,5,6) yang kemudian akan gunakan kembali pada saat gelombang mendorong udara. Sebagian udara tidakterpakai dan didifusikan oleh bagian belakang sudu (7,8) dan kemudian udara terhisap kembali menuju chamber (9).

Dari penjelasan diatas dijelaskan dan disimpulkan bahwa putaran turbin searah merskipun arah aliran fluida kerja bolak-balik (compression dan decompression), hal ini disebabkan oleh bentuk sudu setengah tabung (tipe sudu savonious). 

Firman Turmuzi

Mahasiswa Teknik Mesin Konversi Energi, Universitas Udayana

Referensi:         

Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang, http://abdoelrauf.blogspot.com, diakses: Mei, 2012

Pengembangan Potensi Energi Gelombang Di Indonesia Belum Optimal. Tesedia di: http://www.ebtke.esdm.go.id, (September, 2012)

Firman Turmuzi, 2013, Model Dan Pengujian PLTGL Tipe OWC Dengan Model Sudu Savonious, Bukit Jimbaran, Bali.

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi
BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

2 Comments

  1. Turmuzi says:

    Waahh senangnya skripsi saya di post, moga manfaat

Leave a Reply