Ilmuwan Berusaha Mewujudkan 8 Hal Fiksi di Star Wars Ini Menjadi Fakta Ilmiah
Dec 18, 2015
Inilah Data dan Fakta Kanker di Indonesia
Dec 20, 2015

Nge-charge Handphone dengan Bersepeda

Electric Eco Bike

Kamu pasti pernah kesel kan waktu seru-serunya chating-an, tiba-tiba baterai handphone habis? Pasti menjengkelkan.

Untuk mengatasi masalah ini, kita biasanya memakai powerbank agar handphone selalu menyala. Tapi meski powerbank sudah diciptakan, tahukah kamu ada teknologi serba guna milik anak bangsa untuk mengisi baterai handphone dengan bersepeda.

Electric Eco Bike

Electric Eco Bike

Teknologi baru itu dinamai Electric Eco Bike, sebuah sepeda kayuh yang dapat berfungsi untuk mengisi ulang baterai handphone. Teknologi ini diciptakan oleh lima mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dalam kompetisi PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta).

Menurut Dennys Al Fath, ketua tim, menjelaskan bahwa latar belakang pencitaan Electric Eco Bike karena adanya kebutuhan energy listrik yang terus meningkat di Indonesia. Menurutnya, dalam rumah tangga, konsumsi terbesar adalah dalam proses pengisian baterai handphone.

Dia menambahkan, berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik), pada tahun 2014 jumlah handphone yang digunakan oleh penduduk Indonesia ada sebesar 308,2 juta unit. Padahal, jumlah penduduk Indonesia hanya ada sebesar 255,5 juta jiwa.

Dapat dikatakan, Electric Eco Bike adalah teknologi yang ramah lingkungan. Hal ini karena penggunaan Electric Eco Bike tidak membutuhkan sumber listrik.  Bahkan, tenaga kayuh yang dihasilkan oleh Electric Eco Bike dapat menjadi tenaga listrik untuk mengisi ulang baterai handphone. Teknologi ini, memanfaatkan Gaya Gerak Listrik (GGL) induksi magnet dan alternator sebagai pembangkit tenaga listrik

Electric Eco Bike tidak menggunakan dinamo. Tim menilai bahwa dinamo terlalu berat jika digunakan. Untuk menggantikannya, tim menggunakan motor Brushless Direct Current. Fungsinya untuk mempercepat putaran gear. Dan keistemwaan lainnya adalah dapat menggerakkan sepeda tanpa kayuhan.

Penemuan Electric Eco Bike ini tentunya menambah teknologi yang ramah lingkungan. Kita sama-sama berharap, penemuan Electric Eco Bike dapat nantinya dapat dirasakan oleh masyarakat luas. (BTA)

Bagus Tri Adikarya
Bagus Tri Adikarya
Bekerja di Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi (MITI) sebagai Peneliti dan Analis data.

Leave a Reply