Satu Jam Bersama: Energi Positif Dr. Haznan Abimanyu
Nov 27, 2014
Mudahnya Membuat Mie Rumput Laut
Dec 3, 2014

Metode Wolbachia Bisa Kurangi Jangkitan DBD

BerandaInovasi.COM – Musim penghujan telah tiba. Berbagai penyakit mulai mengancam jika kita tidak mengantisipasi sejak awal. Menjaga daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting agar kita tidak terjangkit berbagai masalah serius di tubuh kita, seperti flu, demam, diare, demam tifoid, hingga demam berdarah dengue (DBD).

 Jika berbicara tentang musim hujan dan DBD, maka Sahabat Beranda tentu telah mengenal istilah 3M (menutup, menguras, dan menimbun). Cara pencegahan ini sangat efektif dilakukan oleh masyarakat. Namun saat ini peneliti di Universitas Gadjah Mada sedang mengembangkan metode Wolbachia untuk mengurangi penyebaran virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes egypti itu. Peneliti UGM tersebut menggunakan nyamuk Aedes egypti yang telah dikembangbiakkan dan mengandung bakteri wolbachia agar dapat menghambat perkembangan replikasi virus dengue.

 Penasaran dengan cara kerja metode Wolbachia ini? Simak video yang telah diunggah oleh Humas UGM berikut ini.

 

 

————

Sahabat Beranda punya inovasi? PKM, usaha kreatif, penelitian, atau hal inovatif dan unik lainnya disekeliling Sahabat? Mau inovasi Sahabat dikenal ke seluruh penjuru dunia sekaligus belajar menjadi jurnalis? Ayo kirimkan segera cerita tentang inovasi yang Sahabat Beranda miliki ke kolom Lintas Inovasi di website Beranda Inovasi. Kirim ke [email protected] dengan subjek ‘Lintas Inovasi_Judul Berita_Nama’. Dengan jaringan luas yang kami miliki, mari kita bersama jembatani inovasi teknologi.
Salam kontribusi!!!
Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply