Selandia Baru: Potret Negara Maju Berbasis Pertanian
Mar 6, 2013
Beranda Inovasi Official Call for Contributor (Penulis Artikel dan Opini) Edisi: Maret 2013
Mar 7, 2013

Merek Lokal Berjaya di Negeri Sendiri

Sebuah riset  tahunan yang dilakukan oleh  lembaga konsultan dan riset pasar terkemuka, Frontier Consulting Group, tentang produk-produk konsumsi yang menjadi kepercayaan masyarakat menunjukkan data yang menarik untuk dicermati. Survey ini dikenal dengan istilah Indonesian Costumer Satisfaction Award (ICSA). Selama beberapa periode, yaitu dari tahun 2008-2012, beberapa merek produk makanan dan minuman berhasil mempertahankan kualitas sehingga mampu mendapatkan kepercayaan masyarakat. 

tabel

Dari beberapa merek produk makanan dan minuman tersebut, selain mendapatkan penghargaan dari ICSA, juga ada sejumlah apresiasi dari lembaga lain sejenis sebagai brand/ merek kepercayaan masyarakat. Kacang Garuda misalnya mendapatkan penghargaan dari Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2012. Okky Jelly Drink yang merupakan salah satu produk dari Garuda Food juga mendapatkan penghargaan dari IBBA 2012 sebagai pemenang dalam kategori minuman jelly berasa. Pada tahun yang sama, kacang Garuda juga berhasil meraih penghargaan sebagai Top Brand Award 2012 untuk kategori kacang bermerek. Selain kacang Garuda, beberapa merek yang mendapatkan penghargaan dari IBBA dan Top Brand Award adalah biscuit Roma, Frisian Flag, Pocari Sweat, Ultra Milk dan Indocafe.

Industri makanan dan minuman kemasan di Indonesia memang menunjukkan geliat sebagai industri yang prospektif di  masa depan. Omzet penjualan dari sektor industri ini yang terus meningkat dari tahun ke tahun, serta pangsa pasar domestik yang begitu besar merupakan beberapa indikator yang menunjukkan potensi industri makanan dan minuman kemasan di masa depan (Ikawati, 2013). Selain itu, berdasarkan catatan Food Ingredients Asia, Indonesia merupakan konsumen bahan makanan terbesar di Asia Tenggara (Muthie 2012).

Mengingat besarnya potensi industri makanan dan minuman kemasan ini, untuk bisa menjadikannya sebagai salah satu sektor penting dalam perekonomian Nasional, maka harus dipastikan bahwa para pemain atau produsen yang bergerak di dalamnya adalah para pengusaha lokal.

Dari beberapa merek unggulan di atas, ternyata ada diantaranya yang merupakan perusahaan lokal. Kacang Garuda merupakan produk yang diproduksi oleh Tudung Group. GarudaFood Group berawal dari PT Tudung, didirikan di Pati, Jawa Tengah, pada 1958 dan bergerak di bisnis tepung tapioka. Pada 1979 PT Tudung berganti nama menjadi PT Tudung Putrajaya (TPJ). Pendiri perusahaan adalah mendiang Darmo Putro, mantan pejuang yang memilih menekuni dunia usaha setelah bangsa Indonesia merdeka (Sumber: Wikipedia).

Selain Garudafood, susu Ultra juga merupakan produk asli dalam dalam negeri karena diproduksi oleh perusahaan lokal, yaitu PT Ultrajaya. Dimulai dari pabrik susu rumahan pada tahun 1958 di Bandung – Jawa Barat PT Ultrajaya berkembang, hingga selanjutnya di tahun 1971 PT Ultrajaya melebarkan sayap bisnisnya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company. Selain itu, bahan baku yang dipakai untuk produksi diambil dari sumberdaya alam yang berasal dari lahan peternakan dan perkebunan di dataran tinggi Bandung (Ultrajaya 2012).

Susu Ultramilk dan Kacang Garuda yang berhasil menjadi merek kepercayaan konsumen selama bertahun-tahun memberikan sebuah angin segar bahwa produk asli dalam negeri pun bisa diterima oleh pasar domestik. Ditengah gencarnya arus impor makanan dan minuman kemasan yang masuk ke Indonesia, ternyata kacang Garuda dan susu Ultra Milk masih bisa bertahan, bahkan menjadi unggulan di kelasnya. Hal ini menandakan bahwa industri makanan dan minuman benar-benar bisa menjadi salah satu sektor potensial asalkan produk-produk nasional bisa menciptakan inovasi yang berdaya saing. Berbagai kebijakan yang mendukung serta insentif untuk para pengusaha lokal, serta dukungan dari seluruh masyarakat untuk bangga menggunakan produk dalam negeri merupakan dua prasyarat awal menuju ke sana. (NI)

Sumber:

Ikawati N. 2013. Meneropong Potensi Industri Makanan dan Minuman di Indonesia. [Terhubung Berkala]. http://berandainovasi.com/?p=624. 7 Maret 2013.

Muthie MG. 2012. Industri Makanan: Indonesia Berpotensi Pimpin Pasar. [Terhubung Berkala]. http://archive.bisnis.com/articles/industri-makanan-indonesia-berpotensi-pimpin-pasar. 7 Maret 2013.

Redaksi Ultrajaya. 2012. Sekilas tentang PT Ultrajaya. [Terhubung Berkala]. http://www.ultrajaya.co.id/corporatehall/ultrajayaataglance/?ver=ind. 7 Maret 2012

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply