Geliat bangkitnya UKM berbasis sumber daya lokal di Sumatera Barat
Oct 18, 2012
Industri Kreatif A sampai Z
Oct 31, 2012

Menjadi Entrepreneur yang Siap Kelola Potensi Daerah

Peningkatan daya saing sangat penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini berimplikasi pada pentingnya upaya lokal atau daerah untuk mengembangkan keunggulannya dengan bertumpu pada potensi-potensi terbaik setempat. Berdasarkan Pasal 27 UU No. 32 tahun 2004 yang menyatakan bahwa kepala daerah dan wakil kepala daerah mempunyai kewajiban memajukan dan mengembangkan daya saing daerah. Dalam hal ini, daya saing daerah  ditentukan oleh kemampuan memanfaatkan modal SDM melalui inovasi.

Sistem inovasi pada dasarnya merupakan sistem yang terdiri dari sehimpunan aktor, kelembagaan, jaringan, kemitraan, hubungan interaksi dan proses produktif yang memengaruhi arah perkembangan dan kecepatan inovasi termasuk juga proses implementasinya. Dengan demikian sistem inovasi tersebut terkait dengan IPTEK, aktivitas nilai tambah bagi pemenuhan kebutuhan bisnis, dan pemanfaatan dalam masyarakat serta proses pembelajaran yang berkembang.

Stratregi inovasi daerah berfokus pada potensi terbaik setempat dan terbuka pada ide-ide kreatif yang bermanfaat bagi kemajuan daerah. Selain itu, tujuan yang jelas dan capaian yang rasional juga ditetapkan dalam pengembangan sistem inovasi daerah.

Inovasi daerah bertumpu pada pemanfaatan potensi daerah yang terdapat pada daerah tersebut. Salah satu peran yang dapat memaksimalkan pemanfaatan potensi daerah adalah pelaku usaha atau enterpreneur. Enterpreneur menjadi salah satu indikator kualitas SDM pada negara maju dan makmur. Negara yang maju dan makmur merupakan salah satu ciri utamanya memiliki jumlah entrepreneur sedikitnya 2% dari jumlah penduduknya.  Sedangkan, Indonesia hanya sebesar 0,18%.

Kualitas SDM dan kemampuan iptek menjadi dasar penciptaan berbagai kreativitas dan inovasi (kapasitas inovatif ) di daerah menjadi unsur penting penciptaan nilai tambah di berbagai sektor dan mewujudkan kesejahteraan yang inklusif dalam koridor ekonomi. (RAP)

Sumber:

http://www.ristek.go.id/index.php/module/News+News/id/11987/print

http://bappeda.bantulkab.go.id/berita/baca/2011/06/24/130220/sistem-inovasi-daerah-sida-kabupaten-bantul

Taufi TA. 2005. Pengembangan Sistem Inovasi Daerah: Perspektif Kebijakan. http://www.esnips.com/web/Sistem-Inovasi-Daerah

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply