Kalijodo: Antara HAM dan Kesejahteraan Masyarakat
Mar 3, 2016
Belajar Sociopreneur dengan Monopoli Berbasis Kearifan Lokal Inovasi Mahasiswa UNY
Mar 4, 2016

Menghilangkan plak gigi kini lebih praktis dengan dentech tool. Plak gigi adalah sumber awal berbagai macam masalah gigi dan gusi. Jika plak gigi tidak segera dihilangkan, salah satu masalah gigi yang akan muncul adalah karang pada gigi. Dan tentunya, menghilangkan karang gigi lebih sulit dari menghilangkan plak gigi.

Cara menghilangkan plak pada gigi dengan baik harus dimulai dengan mengetahui di mana saja plak gigi tersebut berada. Biasanya, untuk mengetahui letak plak gigi, dokter gigi menggunakan disclosing agent, sebuah cairan yang memberikan warna pada gigi, sehingga plak yang ada gigi dapat terlihat.

Namun, penggunaan disclosing agent ternyata tidak begitu praktis dan kurang higienis. Dokter harus mengoleskan cairan di setiap gigi pasien dan baru bisa menunggu hasilnya setelah 30 detik dioleskan. Cara ini mengurangi tingkat kehigienisan dan kepraktisan tindakan medis pada gigi.

Melihat hal tersebut, lima mahasiswa Universitas Brawijaya (Latifah Fitriani Rakhman, Walupi, R.W., Wijayanti, Y.T., Syamsudin, A.R., Fachrurrozi) menciptakan sebuah alat yang dapat mengetahui plak gigi dengan praktis dan higienis, dentech tool (Dental Technology Tool). Alat yang dinamai Dentech Tool tersebut berbentuk pena dengan kemampuan memancarkan sinar ultra violet.

Pada dasarnya, plak gigi tidak dapat dilihat melalui kasat mata. Jika menggunakan disclosing agent, plak gigi baru dapat dilihat setelah 30 detik cairan dioleskan di gigi. Namun dengan dentech tool, plak gigi dapat langsung ditemukan ketika dentech tool digunakan.

Rancangan dentech tool

Rancangan dentech tool

Setelah melalui observasi, para penemu dentech tool menemukan bahwa plak gigi ternyata dapat memancarkan sinar merah gelap atau oranye yang terang. Sinar ini diduga muncul karena adanya bakteri gram negative anaerob pada plak. Lalu ketika bakteri ini disinari dengan sinar ultraviolet dengan gelombang tertentu, maka bakteri ini akan menyala .

Luaran dentech tool

Luaran dentech tool

Cara kerja dari alat ini adalah pena dentech tool yang memancarkan sinar ultra violet dinyalakan dan diarahkan pada gigi pasien. Lalu, kamera yang ada di pena dentech tool  akan mengirimkan gambar ke monitor. Monitor selanjutnya akan menampilkan gambar plak gigi yang kemudian akan menjadi bahan tindakan medis bagi dokter gigi.

Selain menjamin kehegienisan dan kepraktisan tindakan deteksi plak gigi, dentech tool juga memberikan biaya gigi yang lebih murah daripada disclosing agent. Jika disclosing agent hanya dapat dipakai sekali, dentech tool dapat digunakan berkali-kali hanya dengan mengganti baterai. (BTA)

Bagus Tri Adikarya
Bagus Tri Adikarya
Bekerja di Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi (MITI) sebagai Peneliti dan Analis data.

Leave a Reply