Mudahnya Membuat Mie Rumput Laut
Dec 3, 2014
Belajar dari Sisa Kegemilangan Venesia
Dec 10, 2014

Menakar Kesejahteraan Hidup

 

Sejahtera, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti aman sentosa dan makmur serta selamat (terlepas dari segala macam gangguan). Bagaimanakah kriteria sebuah negara yang sejahtera?

 

Takaran kesejahteraan paling umum: EKONOMI. 

Bisa kita lihat melalui klasifikasi yang dibuat oleh Bank Dunia…

 

WORLD BANK CLASSIFICATION

WORLD BANKKlasifikasi dari Bank Dunia mengenai negara dengan pendapatan rendah hingga tinggi, seringkali dijadikan takaran untuk menilai kesejahteraan hidup masyarakat di suatu negara. Klasifikasi yang dilakukan menjadi acuan bagi Bank Dunia untuk menentukan negara yang layak diberikan pinjaman untuk program pemberian modal. Secara lengkapnya, Bank Dunia mengelompokkan negara-negara ke dalam empat kelompok pendapatan:

  • Negara pendapatan rendah (GNI < $1,045)
  • Negara pendapatan menengah-bawah ($1,045 < GNI < $4,125)
  • Negara pendapatan menengah-atas ($4,125 < GNI < $12,746)
  • Negara pendapatan tinggi (GNI > $12,746)

Menurut Bank Dunia, Indonesia masuk ke dalam kategori negara dengan pendapatan menengah-bawah dan saat ini menerima dua jenis pinjaman: (a) International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) dan (b) International Development Association (IDA).

 

Namun ternyata, untuk menilai makmur dan sejahtera suatu negara tak sebatas hanya melihat pendapatannya saja…

 

GLOBAL PROSPERITY INDEX

12-8-2014 5-40-34 PM

Global Prosperity Index merupakan peringkat tahunan yang dikeluarkan oleh Legatum Prosperity Index. Peringkat ini didasarkan pada berbagai faktor termasuk kekayaan, pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan pribadi dan kualitas hidup. Data-data untuk melakukan pemeringkatan diperoleh melalui variable-variabel yang bersumber dari Gallup World Poll, World Trade Organization, World Development Indicators, Gross Domestic Product, World Intellectual Property Organization, United Nations-Human Development Report, World Bank, Organization of Economic Cooperation and Development, World Values Survei, dsbg. Dari seluruh sumber tersebut, dirumuskan 89 variabel yang kemudian dikelompokkan menjadi 8 sub-indeks sebagai berikut:

  • Perekonomian
  • Kewirausahaan dan Peluang Usaha
  • Pemerintahan
  • Pendidikan
  • Kesehatan
  • Keselamatan dan Keamanan
  • Kebebasan Pribadi
  • Modal Sosial

Pada indikator Kewirausahaan dan Peluang Usaha, Indonesia merupakan negara dengan masyarakat yang paling optimis bahwa kerja keras merupakan hal yang dapat membawa kemajuan dalam hidup.

 

Selain itu, ada pula yang menakar lewat ‘PEMBANGUNAN MANUSIA’nya…

 

HUMAN DEVELOPMENT INDEX

Human-development-index1

HDI atau Indeks Pembangunan Manusia adalah indeks yg dikeluarkan oleh (United Nations Development Program) UNDP untuk mengklasifikasikan apakah sebuah negara tergolong maju, berkembang atau terbelakang; serta juga digunakan untuk mengukur pengaruh kebijaksanaan ekonomi terhadap kualitas hidup.

Indikator yang digunakan:

  • Harapan Hidup
  • Melek Huruf
  • Pendidikan
  • Standar Hidup (Gross National Income)

Pada tahun 2014 Indonesia menempati urutan ke 108 (Indeks Pembangunan Menengah) dalam HDI.

 

Dimensi kesejahteraan bukan hanya dilihat melalui sisi ekonomi, lewat pendapatan dan standar hidup. OECD BETTER LIFE INDEX merumuskan 11 Dimensi Kesejahteraan

 

OECD BETTER LIFE INDEX

OECD-Better-Life-Index

OECD’s Better Life Initiative adalah upaya dari OECD (Organization for Economic Co-operation and Development) untuk menyatukan langkah-langkah internasional demi mencapai kesejahteraan. Rekomendasi yang dibuat oleh Komisi Pengukuran Kinerja Ekonomi dan Kemajuan Sosial OECD berusaha mengatasi kekhawatiran bahwa statistik ekonomi makro standar seperti PDB tidak sepenuhnya tepat dalam mendefinisikan kesejahteraan.

Berikut ini 11 dimensi kesejahteraan menurut OECD:
-Perumahan (kondisi perumahan dan pengeluaran utk rumah)
-Penghasian (Pendapatan rumah tangga dan kekayaan finansial)
-Pekerjaan (Pendapatan, Kemanan Kerja, dan Tingkat Pengangguran)
-Komunitas (Kualitas Jaringan dukungan Sosial)
-Pendidikan (Pendidikan dan apa yang masayarakat dapat dari pendidikan yang ditempuhnya)
-Lingkungan (kualitas lingkungan, misalnya kesehatan lingkungan)
-Pemerintahan (keterlibatan dalam demokrasi)
-Keselamatan (Tingkat pembunuhan dan penyerangan)
-Keseimbangan hidup (work-life balance)

 

Diluar indikator yang bersifat materiil…ada definisi kesejahteraan yang tidak bersifat kebendaan: “RASA BAHAGIA”

 

WORLD HAPPINESS REPORT

CoverHappy

 Merupakan takaran kebahagiaan yang dipublikasikan oleh United Nations Sustainable Development Solutions Network (UN-SDSN).

Terdapat enam faktor yang dianggap menunjukkan kebahagiaan suatu negara:
-PDB riil perkapita
-Angka harapan hidup sehat
-Memiliki seseorang untuk diandalkan
-Kebebasan yang dirasakan untuk membuat pilihan hidup
-Bebas dari korupsi
-Kemurahan hati

Indonesia berada pada urutan ke-76 (dari 85 negara) dalam Laporan Kebahagiaan Dunia tahun 2013.

 

Ya. Banyak konsep-konsep yang dikembangkan untuk menakar kesejahteraan dengan mengoreksi indikator yang menjadikan hitungan ekonomi sebagai faktor utama. Berikut ini beberapa di antaranya:

 

GENUINE PROGRESS INDICATOR (GPI)

26-child-happiness-260712Merupakan metrik yang telah disarankan untuk mengganti Gross Domestic Product sebagai ukuran pertumbuhan ekonomi. GPI dirancang dengan memasukkan laporan lengkap mengenai kesehatan ekonomi suatu negara dengan memasukkan faktor-faktor lingkungan dan sosial yang tidak diukur dalam GDP.

 

GROSS NATIONAL HAPPINESS (GNH)

Dirancang sebagai upaya untuk menentukan indikator dan konsep yang mengukur kualitas hidup atau kemajuan sosial dalam istilah yang lebih holistik dan psikologis dari sekadar indikator ekonomi dari GNP.

 

THE INDEX OF SUSTAINABLE ECONOMIC WELFARE

Merupakan indiktor ekonomi untuk menggantikan Produk Domestik Bruto yang merupakan indikator makroekonomi utama Sistem Neraca Nasional

 

HAPPINESS ECONOMICS

Ialah studi kuantitatif dan teoritis mengenai kebahagiaan, afeksi positif dan negatif, kesejahteraan, kualitas hidup, kepuasan hidup dan konsep terkait, biasanya menggabungkan ekonomi dengan bidang lain seperti psikologi dan sosiologi.

 

HAPPY PLANET INDEX

Menunjukkan sejauh mana 151 negara di bumi menghasilkan kehidupan yang panjang, bahagia dan berkelanjutan bagi orang-orang di dalamnya. Skor keseluruhan indeks peringkat negara berdasarkan efisiensi, berapa panjang dan bahagia kehidupan masing-masing unit per output lingkungan.

happiness wordle

 

Ternyata, banyak pemaknaan mengenai kesejahteraan. Beragam pula indikator yang dipergunakan untuk mengukur sejauh mana kesejahteraan masyarakat di suatu negara.

Selain indeks dan konsep-konsep di atas, mungkin pembaca Beranda Inovasi mengetahui metode lain untuk menakar kesejahteraan hidup? (UA)

Ulya Amaliya
Ulya Amaliya

After studying International Relations in Gadjah Mada University, she dedicated herself as NGO’s officer of Social Research and Data Analysis in Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply