Dirgahayu 70 Tahun Republik Indonesia
Aug 17, 2015
budaya kerja
Google dan Twitter : Perusahaan dengan Budaya Kerja Terbaik
Aug 19, 2015

Membangun Mindset Kemandirian Energi Nasional

Beranda MITI Opini Energi Membangun Mindset Kemandirian Energi Nasional

Ketidakpastian tentang pasokan energi khususnya dalam sektor listrik, yang ada ini pada gilirannya menjadi bahan pertimbangan tersendiri bagi pelaku industri dalam menentukan arah strategi keberlanjutan bisnisnya di Indonesia. Proyeksi pasokan dan kebutuhan energi sudah saatnya dilakukan secara cermat untuk menghindari kemungkinan terjadinya kelangkaan energi yang berkepanjangan. Oleh karena itu, untuk mencari jalan alternatif bagi pemenuhan kebutuhan energi maka dengan melakukan elaborasi sumberdaya secara maksimal. Masa depan dan keberlanjutan kehidupan bangsa ini salah satunya akan ditentukan oleh kearifan seluruh anggota masyarakat dalam mengelola sumberdaya energi yang tersedia.

Masyarakat memang sudah saatnya disadarkan bahwa negeri ini bukan lagi sebagai penghasil BBM yang mampu dijual di pasar dengan harga yang murah.Konsekuensinya adalah bahwa energi alternatif yang berasal dari berbagai sumber memang sudah waktunya untuk terus di teliti dan dan uji coba sehingga kebiasaan baru dalam menggunakan energi akan terbentuk. Tantangan terbesar dalam hal ini adalah bagaimana memproduksi energi yang dimaksud secara efisien dan dalam jumlah yang memadai bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat luas.

Dengan mencermati kondisi yang ada saat ini, sepertinya tidak banyak pilihan lagi untuk mengatasi  krisis energi secara parsial. Kelangkaan pasokan energi yang bersumber dari BBM tidak cukup hanya diselesaikan dengan menambah jumlah dan besaran kapasitas pembangkit, tetapi hal yang lebih mendasar adalah mengajak seluruh anggota masyarakat untuk berani mengubah perilaku khususnya dalam menggunakan dan memanfaatkan energi listrik. Kebutuhan untuk belajar kembali tentang bagaimana konservasi energi dilakukan juga perlu mendapat porsi yang memadai untuk mendukung perubahan perilaku yang diharapkan.

Beranda MITI Opini Energi MEmbangun Min

Permasalahan kelangkaan energi khususnya listrik sepertinya tidak bisa lagi dilihat hanya dari segi teknis produksi atau konsumsi semata. Pemenuhan atas kebutuhan energi secara umum kini juga bukan lagi sebatas urusan ekonomi semata, melainkan sudah menjadi bagian dari upaya untuk menjamin terwujudnya kestabilan dan keamanan nasional.  Kalau demikian halnya, maka solusi integrasi multidimensi sudah saatnya untuk dipikirkan kembali. Satu pertanyaan yang belum sepenuhnya terjawab adalah apakah masih ada yang terlewat untuk bisa menjadikan negeri ini kembali berperan sebagai primadona dalam bidang energi?  Memang, tidak perlu disangkal bahwa negeri ini pernah mengalami masa kejayaan dalam mengelola sumber energi alami. Kalau kemudian ketersediaan sumber energi kini sedang mengalami kontraksi, bukan berarti capaian gemilang di masa lalu itu sirna dan tidak bisa diraih kembali.

Leave a Reply