25 Tahun, Usia Ketika Kita Mulai Kehilangan Teman
Jun 24, 2016
Tidak Ketinggalan, Sekarang Cermin pun Berlayar Sentuh!
Jun 27, 2016

Membanggakan! Ilmuwan Indonesia Masuk dalam Nominasi Nobel 2016

dr. Taruna Ikrar, Ph.D via Inspiratifnews.com

dr. Taruna Ikrar, Ph.D via Inspiratifnews.com

dr. Taruna Ikrar, Ph.D via Inspiratifnews.com

Lagi, ilmuwan Indonesia yang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. dr. Taruna Ikrar, Ph.D, seorang ilmuwan Indonesia yang salah satu karyanya telah didaftarkan oleh University of California, Irvine, menjadi salah satu calon nominasi penghargaan Nobel 2016 di bidang kedokteran.

dr. Taruna Ikrar, Ph.D yang menempuh studi doktornya di Universitas Hasanuddin, Makassar dan sekarang sedang mengajar di University of California, Irvine ini didaftarkan dalam bidang Optogenetic, Physiology of Medicine. Ahli Neuroscience ini merupakan salah seorang anggota tim yang berhasil mengembangkan optogenetic laser stimulation.

Optogenetic merupakan sebuah metode untuk mengaktif dan mengnonaktifkan sel saraf di otak dengan spektrum cahaya tertentu. Pria yang pernah menjabat sebagai wakil ketua PB Ikatan Dokter Indonesia ini mengembangkan metode tersebut bersama dua orang ilmuwan lainnya yang berasal dari Stanford University dan Harvard University.

Seperti dikutip dari Republika, metode yang ia dan koleganya kembangkan itu dapat digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit otak, seperti Epilepsi, Parkinson , Skizofrenia, dan lain sebagainya.

Selama menjadi peneliti, saat ini dr. Taruna sudah menghasilkan 54 penemuan dan beberapa di antaranya sudah dipatenkan dan dipakai di Institusi pendidikan dan kedokteran di seluruh dunia, seperti alat pemetaan otak manusia. Bidang keahliannya adalah saraf (neuron), farmasi, dan jantung.

Master Farmakologi dari Universitas Indonesia ini akan bersaing dengan 273 ilmuwan lainnya yang juga telah dinominasikan untuk penghargaan Nobel tahun 2016 di bidang kedokteran. Sebagai informasi, pengajuan nominasi hanya dapat diajukan oleh pihak-pihak tertentu atas undangan panitia Nobel.

Seleksi akan dilakukan pada bulan Juni sampai Agustus 2016. Selanjutnya, nominasi akan dimumkan pada bulan Oktober tahun ini. Selamat dr. Taruna Ikrar! (NMY/Republika)

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf
Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply