Bagaimana Rasa Makan Isi Pot Tanaman?
Jul 18, 2014
Pupuk Mahasiswa ITS Bisa Produksi Kedelai Lima Kali Lipat
Jul 22, 2014

Melirik Negara Paling Ramah Lingkungan

Swiss (Dok. Wikipedia)

BerandaInovasi.COM — Tahukah Sahabat Beranda, mana negara paling ramah lingkungan di antara seluruh negara di dunia? Redaksi melakukan investigasi terhadap data-data yang dipublikasikan selama lima tahun belakangan. Hasil investigasi redaksi  terhadap data-data yang disebarluaskan di berbagai situs internasional akhirnya membuahkan hasil. Kami menemukan fakta lima negara paling ramah lingkungan di dunia dengan berbagai indikator di masing-masing situs.

Ingin tahu negara mana saja yang menduduki peringkat lima besar negara paling ramah lingkungan di dunia? Mari simak paparan berikut.

1. Swiss

Swiss (Dok. Wikipedia)

Swiss (Dok. Wikipedia)

Swiss menjadi negara yang menduduki peringkat pertama.  Hasil penilaian Environmental Performance Index (EPI) oleh Yale University menempatkan Swiss pada peringkat pertama dengan nilai 87.67 pada skala 0-100 pada tahun 2014. Pada tahun-tahun sebelumnya, Swiss juga acap kali menjadi peringkat pertama. Swiss merupakan negara kecil di Eropa Tengah yang sebagian besar adalah wilayah pegunungan Alpen. Negara yang terkenal sebagai negara netral ini menerapkan kebijakan pajak yang tinggi untuk air dan pengelolaan lingkungan. Hal ini membuat Swiss memiliki tingkat polusi udara dan air yang rendah.

[ads1]

2. Islandia

Islandia (Dok. Wikipedia)

Islandia (Dok. Wikipedia)

Selain dianggap sebagai salah satu negara dunia yang paling indah, Islandia memiliki keijakan lingkungan yang sangat baik. Islandia menggunakan sedikit bahan bakar fosil untuk memproduksi tenaga listrik. Sekitar 82% tenaga listrik Islandia dihasilkan menggunakan tenaga hidrogen dan panas bumi. Penilaian EPI yang dilakukan oleh Yale University pada tahun 2010 menempatkan Islandia sebagai peringkat pertama. Namun pada tahun-tahun lainnya, posisi Islandia berada di bawah Swiss.

3. Norwegia

Norwegia (Dok. Wikipedia)

Norwegia (Dok. Wikipedia)

Pada tahun 2030, Norwegia menargetkan untuk membuat gas karbon menjadi netral. Negara ini mempunyai panel surya terbesar di dunia. Wilayah yang sangat dekat dengan Kutub Utara membuat Norwegia berupaya untuk membuat kebijakan lingkungan yang sangat ketat agar terhindar dari bencana mencairnya es di kutub. Pemerintah Norwegia membuat kebijakan harga bahan bakar fosil jauh lebih mahal daripada bahan bakar ramah lingkungan untuk merangsang penduduknya menggunakan bahan bakar ramah lingkungan tersebut. Norergia juga telah berhasil membuat penjara ekologi pertama di dunia bernama penjara Basty. Tahun 2012 lalu, Yale University memberikan penilaian kepada Norwegia sebagai negara dengan nilai EPI terbesar ketiga di dunia. Nilai ini fluktuafif pada tahun-tahun lainnya.

4. Swedia

Swiss

Swedia (Dok. Wikipedia)

Swedia telah mengumumkan kepada publik bahwa mereka akan bebas dari bahan bakar fosil pada tahun 2020.  Negara dengan ibukota Stockholm ini kini menggunakan tenaga etanol, air, dan kotoran hewan untuk memproduksi tenaga listrik. Selain itu, mereka juga mengembangkan kekuatan gelombang dan panel surya untuk pembangkit tenaga listrik. Dari hasil investigasi Redaksi Majalah Beranda, Swedia menduduki peringkat ke empat negara paling ramah lingkungan di dunia dengan berbagai indikator.

5. Kostarika

Kostarika (Dok. Wikipedia)

Kostarika (Dok. Wikipedia)

Pemerintah Kostarika membuat kebijakan reboisasi besar-besaran setelah mengalami deforestasi selama bertahun-tahun akibat perluasan areal persawahan. Kostarika sangat berkomitmen untuk menggunakan energi baru terbarukan dan menetapkan bahwa pada tahun 2021 negara ini akan bebas dari gas karbon.

Demikian hasil investigasi tentang lima negara paling ramah lingkungan di dunia. Bagaimana dengan Indonesia? Pada awal tahun 2014 ini Yale University menetapkan bahwa Indonesia menduduki peringkat 112 dari 178 negara di seluruh dunia dalam perolehan nilai EPI. Wow!! Ini berarti bahwa Indonesia harus segera berbenah kebijakan dan menata mental masyarakat agar mendukung upaya pemerintah untuk menjadi negara yang ramah lingkungan. Julukan Indonesia sebagai paru-paru dunia agaknya akan segera terhapus jika Indonesia tidak segera berubah. (DWH/Red)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply