Mengobati Penyakit Jamur Kandidiasis dengan Lendir Bekicot
Aug 20, 2015
Lebih Sehat Dengan Pangan Lokal
Aug 24, 2015

Mari Merakit Robot!

Akhir pekan telah tiba, mari merakit robot!

Firmansyah Saftari menjelaskan tentang Robot Edukasi dalam acara GE Garage Indonesia, 19 Agustus 2015.

Firmansyah Saftari menjelaskan tentang Robot Edukasi dalam acara GE Garage Indonesia, 19 Agustus 2015.

Buang jauh-jauh pikiran bahwa membuat robot amat mahal dan sulit. Firmansyah Saftari, pria lulusan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia adalah seorang anak bangsa yang memperkenalkan perakitan robot yang keren dan dapat dipraktekkan bahkan oleh orang yang tidak memiliki latar belakang kemampuan bidang robotik.

Jika pada umumnya robot dibuat oleh tim yang setidaknya terdiri atas ahli mekanik, ahli elektronika, ahli programming, serta ahli desain, Saftari ingin menunjukkan bahwa keahlian tersebut tidak selalu harus didapatkan dari bangku formal. Keahlian-keahlian tersebut mampu didapatkan secara otodidak melalui praktek langsung. Selain itu, keahlian-keahlian tersebut juga mampu dimiliki oleh satu orang tanpa memerlukan tim dalam jumlah besar, asalkan ia memiliki minat yang sangat kuat untuk mempelajari bidang robotik. Karena melatih perakitnya untuk dapat mempelajari banyak keahlian dalam merakit robot, Saftari menamakan produknya sebagai Robot Edukasi.

Melalui web saft7robotics.com, Saftari mempromosikan metode untuk mempelajari cara membuat robot, mulai dari memperkenalkan fungsi-fungsi dasar tiap tools hingga menjelaskan bagaimana cara merakit robot. Pada akhirnya, robot yang dibuat dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan perakitnya.

robot-alien robot-armSaftari menawarkan dua jenis robot: Robot Alien dan Robot Arm. Robot Alien didesain dengan 4 kaki, dikendalikan oleh remote control sehingga bisa melakukan gerakan-gerakan yang menarik. Sedangkan Robot Arm berbentuk lengan yang luwes dengan kebebasan 5 derajat pergerakan, dikendalikan dengan 5 potensiometer. Tiap paket robot sudah termasuk micro-controller yang sudah siap diisi program, shield control yang membuat rangkaian menjadi ringkas dan mudah, board shield yang memungkinkan robot untuk dikembangkan, dan juga baterai. Dalam tiap paket juga telah dicantumkan instruksi pembuatan yang lengkap dan mudah dimengerti. Dengan lebih dari 100 part mur/baut stainless steel serta metal gear servo, merakit robot akan menjadi pengalaman menarik untuk mengisi akhir pekan, bahkan mungkin bisa jadi proyek menarik untuk dikerjakan dalam beberapa waktu ke depan setiap kali Anda memiliki keluangan waktu.

Sesuai dengan namanya: Robot Edukasi, paket Robot rakitan yang diperkenalkan oleh Saftari memang bertujuan agar pembelinya mampu mempelajari robot dengan menyeluruh dan lebih detail. Robot Edukasi akan melatih kecermatan dan kemampuan dalam memahami cara kerja dari masing-masing komponen karena dilengkapi panduan perakitan lebih dari 100 komponen dalam 1 kit robot. Soal harga, Saftari telah berusaha memilihkan desain dan bahan se-efisien mungkin agar dapat menekan biaya produksi. Apabila dibandingkan dengan produk-produk kit robot yang sudah ada, Robot Edukasi adalah produk Robot Kit karya anak negeri yang dapat diperoleh dengan harga kompetitif.

Ulya Amaliya
Ulya Amaliya

After studying International Relations in Gadjah Mada University, she dedicated herself as NGO’s officer of Social Research and Data Analysis in Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

1 Comment

  1. Makasih ulasannya yaaaa…. salam!

Leave a Reply