Pakan Kambing, Jawaban untuk Bisnis yang Menjanjikan
Apr 1, 2016
Bagaimanakah Seharusnya Peran Orangtua untuk Anaknya dalam Keluarga?
Apr 4, 2016

Mari Mengenal Kopi Indonesia

Sumber ilustrasi: theguardian.com

Sumber ilustrasi: theguardian.com

Sumber ilustrasi: theguardian.com

Sejak dahulu, Indonesia terkenal dengan negara agraris dengan hasil pertanian dan perkebunan yang mendunia. Negara-negara eropa mulai datang ke Indonesia karena tertarik dengan rempahnya yang beragam yang akan digunakan untuk menambah cita rasa masakan eropa yang terkenal hambar. Melihat potensi sumberdaya alam Indonesia yang melimpah dan belum terkelola dengan baik, terjadi proses kolonialisasi Indonesia oleh beberapa negara eropa selama ratusan tahun.

Pada era kolonial Belanda, pemerintah kolonial saat itu mempunyai kebijakan tanam paksa dengan membuka lahan perkebunan di hampir seluruh wilayah Indonesia untuk ditanami kopi. Kopi Arabica pun di datangkan dari Yaman dan selanjutnya kopi Robusta. Letak geografis Indonesia yang berada pada garis kathulistiwa sangat cocok untuk pertumbuhan kopi. Kopi tidak dapat tumbuh di semua negara, hanya dapat tumbuh di dataran tinggi negara-negara tropis dan sebagian negara subtropis.

Dilansir dari worldatlas.com, Saat ini, Indonesia merupakan penghasil kopi terbesar no. 4 di dunia dibawah Brazil, Vietnam, dan Kolombia dengan produksi 540.000 Ton kopi pada tahun 2014. Beberapa kopi khas Indonesia juga sudah dikenal dunia. Berikut 8 jenis kopi Indonesia yang mendunia.

  1. Kopi Sidikalang

Kopi ini merupakan jenis kopi Robusta dan Arabica yang banyak ditanam di dataran tinggi Sidikalang, Bukit Barisan, Sumatera Utara. Kopi ini terkenal dan mendunia karena rasa dan aroma kopinya dikatakan menyaingi kopi Brazil. Tingkat kafein yang tinggi yaitu 70-80% dan tumbuh pada area vulkanis membuat Kopi Sidikalang mempunyai cita rasa yang mempesona para pecinta kopi seluruh dunia.

  1. Kopi Gayo

Sesuai namanya, kopi ini berasal dari Dataran Tinggi Gayo, Aceh. Jenis Kopi ini merupakan kopi organik termahal di dunia. Hal ini terungkap dalam acara Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Portland, Oregon Convention Center, Amerika Serikat pada tahun 2011 lalu. Kopi Gayo juga telah mendapat Frade Trade Certified dengan nilai Cupping Test 80. Cupping Test merupakan seni menilai kualitas kopi dengan cara menghirup aroma, menyeruput dan meneguk kopi. Starbucks Sumatera yang merupakan salah satu produk kopi Starbucks merupakan produk terlaris coffee shop tersebut.

  1. Kopi Java

Kopi ini tumbuh di Pulau Jawa. Jenis Kopi Java ini merupakan kopi Arabica. Ke-khas-an dari kopi ini yaitu mempunyai kadar asam dan tingkat kekentalan yang rendah sehingga dapat diminum oleh banyak kalangan. Kopi Java yang terkenal adalah Kopi Arang Java Jampit. Kopi ini diproses dengan cara di gosongkan dengan aroma khas ketika diseduh dengan air panas. Selain itu, kopi Java juga dijual di ritel kopi terbesar di dunia, Starbucks, dengan nama Starbucks Reserves West Java.

  1. Kopi Toraja

Satu dari empat kopi yang begitu digemari di dunia. Kopi ini berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan. Tingkat keasaman dan rasa pahit yang seimbang membuat kopi ini juga dijuluki “Queen of Coffee”. Amerika Serikat dan Jepang merupakan negara-negara eksportir utama kopi dari daerah timur Indonesia ini.

  1. Kopi Kintamani

Kopi yang berasal dari daerah Bangli, Pulau Bali, ini merupakan kopi jenis Arabica. Kopi yang terkenal dengan kopi organik karena proses pengolahannya yang masih tradisional ini juga merupakan salah satu bahan kopi di coffee shop terkenal, Starbucks. Dikutip dari balitribune.co.id, awal tahun 2015 ini harga biji kopi Kintamani berada pada kisaran Rp 53.000/kg. Melonjaknya harga biji kopi ini disebabkan kualitas biji kopi kintamani yang terus meningkat.

  1. Kopi Flores

Kopi Arabica dengan biji besar dan aroma coklat yang kuat ini berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur. Kopi ini juga menjadi salah satu kopi yang disajikan di Starbucks dengan nama Isla Flores Indonesia. Dengan tingkat kekentalan yang tinggi dan asam yang rendah membuat kopi ini digemari di Amerika Serikat.

  1. Kopi Wamena

Tumbuh di daerah lembah baliem, pegunungan jaya wijaya, Papua dengan suhu yang dingin membuat kopi ini mempunyai cita rasa pegunungan yang khas. Ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia dan pengolahan yang masih tradisional membuat kopi ini digolongkan sebagai salah satu kopi organik terbaik.

  1. Kopi Luwak

Ini lah kopi yang paling terkenal sekaligus termahal di dunia dari Indonesia yang tidak melalui proses seperti hal nya jenis kopi lainnya. Harganya mencapai USD 100/450gr. Biji kopi ini memiliki cita rasa yang brebeda karena terlebih dulu melewati proses pencernaan dari Luwak, sejenis musang. Luwak tersebut memakan buah kopi namun biji kopinya tidak ikut dicerna. Sehingga keluar kembali dalam bentuk kotoran. Prosesnya yang unik dan langka membuat harga kopi ini melambung tinggi di pasaran dan termasuk salah satu jenis kopi premium. (NMY)

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf
Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply