Satu per Satu Kejahatan terhadap Perempuan dan Anak Mencuat, Mungkinkah Adanya Perlindungan Sistemik?
Jun 6, 2016
Kaimana, Surga Energi Alternatif dari Ujung Timur Indonesia
Jun 7, 2016

Makanan dan Minuman Ini Sangat Dianjurkan Bagi Kamu yang Sedang Berpuasa!

Kurma via mamabee.com

Bulan Ramadhan tiba, waktunya beribadah puasa bagi yang muslim. Terbiasa makan dan ngemil 3-5 kali sehari, di bulan penuh berkah ini tubuh kita harus beradaptasi dengan pola makan yang diubah menjadi sahur dan berbuka saja. Selain itu, ternyata kita juga dianjurkan memilih jenis makanan dan minuman yang akan kita makan saat berpuasa loh. Tidak mau kan tiba-tiba merasa lemas dan lapar padahal azan magrib masih panjang? Berikut beberapa makanan dan minuman bernutrisi yang direkomendasikan bagi yang kamu yang sedang berpuasa!

 

1. Air Putih

air putih via muadzbinjabal.com

air putih via muadzbinjabal.com

Beberapa penelitian menganjurkan kita untuk meminum air putih 2-3 liter sehari. Pun saat berpuasa di bulan ramadhan. Antara waktu berbuka dan sahur, minumlah sesering mungkin dengan porsi kecil namun kontinu. Itu bisa menjadi bekal cairan kita untuk seharian berpuasa di  pagi sampai sore harinya. Hindari minuman bersoda, kopi, atau teh. Karena minuman-minuman tersebut mengandung kafein yang akan membuat badanmu lebih cepat berkeringat dan mengeluarkan cairan.

 

2. Makanan Berkarbohidrat Kompleks

Sayur dan Buah via rosannadavisonnutrition.com

Sayur dan Buah via rosannadavisonnutrition.com

Karbohidrat menjadi nutrisi yang harus dipenuhi sebagai sumber energi tubuh kita. Namun saat berpuasa, sebaiknya kita lebih banyak makan makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat kompleks seperti kentang, jagung, wortel, dan bayam. Ditambah buah-buahan yang juga mempunyai kandungan yang sama dan serat tinggi seperti kurma, melon, semangka, apel, dan pisang. Mengapa? Saat berpuasa setidaknya kita membutuhkan 60% karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks merupakan makanan yang lebih lama dicerna oleh tubuh dibanding karbohidrat biasa yang terdapat pada nasi atau roti. Karbohidrat kompleks ini akan membuat badan kita lebih berenergi untuk menahan lapar dan beraktivitas setidaknya 8-9 jam sehari. Berbeda dengan karbohidrat biasa yang hanya akan bertahan maksimal 4 jam saja. Saat sahur adalah waktu yang tepat untuk makan makanan ini.

3. Protein dari Biji-bijian

Bubur Kacang Hijau via iresipi.com

Bubur Kacang Hijau via iresipi.com

Selain karbohidrat dan air, tubuh kita memerlukan protein untuk menjaga dan merawat organ-organ yang ada di di dalam dan diluar tubuh kita seperti kulit, kuku, dan rambut. Salah satu panganan sumber protein yang disarankan untuk dimakan saat berpusa adalah biji-bijian. Beras merah dan gandum merupakan contoh biji-bijian yang penuh protein, serat, serta rendah lemak.

Selain itu, kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang almond, atau kacang hitam juga dapat menjadi tambahan protein saat berpuasa. Selain dapat diolah menjadi beragam menu masakan, biji-bjiian serta kacang-kacangan tersebut juga dapat dimakan sebagai cemilan sambil menunggu sahur atau menu ta’jil berbuka.

 

4. Jangan lupakan Daging dan Telur!

Daging dan Telur via worldveg.ca

Daging dan Telur via worldveg.ca

Mengonsumsi daging atau telur sebagai sumber protein utama merupakan keharusan saat sahur. Namun ada baiknya diolah dengan cara yang lebih sehat seperti direbus atau dikukus. Jika pun ingin digoreng, pakailah minyak yang rendah lemak. Makan banyak makananan yang digoreng saat sahur perlu dihindari karena akan memicu lemak berlebih yang membuat kamu akan mengantuk di siang harinya.

 

5. Berbuka dengan yang Manis

Kurma via mamabee.com

Kurma via mamabee.com

Lemas merupakan pertanda bahwa gula darah kita turun. Saat itu pula kita dianjurkan untuk memakan makanan yang manis. Kurma merupakan salah satu makan yang dianjurkan untuk membuka asupan makanan ke tubuh kita setelah seharian berpuasa. Selain kaya akan glukosa, kurma juga rendah kalori. Setelah itu, kita bisa makan sedikit buah-buahan untuk mengganjal perut sebelum dilanjutkan dengan makan besar. Ingat, jangan terlalu banyak makan besar saat berbuka atau malam harinya, karena akan menurunkan nafsu makan kamu ketika sahur.

Pada Intinya, meskipun sedang berpuasa, namun asupan nutrisi seperti karbohidrat, protein, mineral, lemak, dan vitamin ke dalam tubuh haruslah tetap seimbang dan diperhatikan. Jadi, apa menu berbukamu hari ini? (NMY/Dari berbagai sumber)

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf
Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply