Fakta! Game Online Mampu Jadikan Siswa Lebih Cerdas
Aug 10, 2016
Hate Speech, Kebebasan Demokrasi, dan Literasi Masyarakat Indonesia
Aug 12, 2016

Mahasiswa Unpad Ciptakan ‘Perawan Tua’ yang Bisa Bikin Sepatumu Makin Keren!

Ilustrasi Sepatu Canvas via highsnobiety.com

Ilustrasi Sepatu Canvas via highsnobiety.com

Ilustrasi Sepatu Canvas via highsnobiety.com

Eits, jangan berpikir macam-macam dulu. Perawan Tua adalah singkatan dari Perawatan Sepatu Anda, sebuah inovasi dari lima mahasiswa jurusan Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad). Inovasi ini turut dipamerkan dalam Pimnas Investment Summit, salah satu rangkaian acara dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29 di Institut Pertanian Bogor pekan ini.

Pimnas Investment Summit merupakan ajang pertemuan antara inovator-inovator muda dan kreatif dari mahasiswa dengan para investor. Perawan Tua ini adalah satu dari empat inovasi dari Unpad yang dipamerkan dalam Pimnas Investment Summit kali ini.

Seperti dikutip dari unpad.ac.id, inovasi ini dipilih oleh Unpad karena dinilai paling inovatif dan berpotensi untuk diproduksi massal. Adalah Vania Putri, Annisa, Bella Maulidya, Claudia, Yockie D, Adil Prawir, lima mahasiswa yang menciptakan alat perawatan sepatu ini.

Inovasi ini dilatarbelakangi oleh keinginan para inovator muda tersebut agar para pengguna sepatu berbahan kanvas tetap bisa tampil keren dan trendi dengan sepatunya saat musim hujan.

Ada dua jenis perawan tua, yaitu perawan tua powder untuk melindungi sepatu agar tidak bau dan perawan tua stick untuk melindungi sepatu dari air.

Perawan tua powder dibuat untuk melindungi sepatu dari aroma-aroma yang tidak sedap. Sedangkan perawan tua stick untuk membuat sepatu kanvas menjadi anti air. Bahan-bahan yang digunakan pun terbuat dari bahan alami seperti pati, lilin lebah, jagung, serta baking soda.

Untuk penggunaannya, jangan khawatir. Perawan tua sangat mudah digunakan. Perawan tua stick hanya cukup di oleskan ke sepatu dan ditunggu hingga kering. Sedangkan perawan tua powder dipakai dengan cara di tab dalam sepatu seperti layaknya memakai bedak.

Perawan tua ini dibandrol cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 25 ribu untuk sekantong perawan tua powder dan satu perawan tua stick. Bagi yang berminat mencoba inovasi keren ini, bisa langsung cek di instragram @perawantua atau Line @YHN8008a. Bagaimana, Tertarik? (NMY)

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf
Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply