Meneruskan Perjuangan (Panjang) R.A. Kartini
Apr 21, 2016
Ini yang Perlu Kamu Ketahui tentang Diabetes
Apr 26, 2016

Mahasiswa UI Harumkan Indonesia dalam Ajang Shell Eco-Marathon Asia

Shell Eco-Marathon merupakan sebuah ajang perlombaan untuk menemukan kendaraan dengan efisiensi tertinggi di tiga region besar yaitu Asia, Amerika, dan Eropa.

Ada dua kategori lomba yang diikuti oleh sekelompok mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Kategori pertama adalah Urban Gasoline Vehicle Concept dalam kelas kendaraan roda empat, dengan kendaraan mereka yaitu Keris RVII. Dalam kategori ini, team dari UI yang tergabung dalam tim UI Supermileage Vehicle (UI SMV) ini telah memegang rekor Asia sejak tahun 2014.

Hal ini dapat dicapai karena desain kendaraan buatan mereka yang aerodinamis dan ringan berupa body monocoque dan system engine yang dilengkapi dengan teknologi terbaru hasil riset dari anggota tim mereka. Badan kendaraan yang mereka ciptakan menggunakan bahan dari Carbon Fiber Composite.

Untuk kategori kedua yaitu Prototype Gasoline Vehicle Concept dalam kelas roda tiga, dengan kendaraan dari mereka yaitu Kalabia Evo.5. Seluruh kendaraan yang diikuti oleh UI SMV dalam lomba ini menggunakan bahan bakar bensin. Kendaraan prototype UI SMV ini merupakan kendaraan pertama dari Indonesia yang berhasil mendapatkan juara pertama dalam ajang SEM ASIA dengan pencapaian 792 km/liter.

Pencapaian ini diraih karena mesin berbasis pneumatic pressure system yang mereka gunakan. Pencapaian yang mereka dapat ini menunjukkan bahwa kendaraan prototype dari Indonesia menjadi kendaraan dengan efisiensi tertinggi pada tahun ini di tingkat Asia.

Selanjutnya, tim UI SMV akan berjuang mengharumkan nama bangsa Indonesia kembali dalam ajang SEM DWC (Shell Eco-Marathon Driver’s World Cup) yang baru akan pertama kali diadakan tahun ini di London, Inggris, pada Juni 2016 mendatang.

Gambar 1

Keris RVII via ui-smv.com

Keris RVII

Vehicle Type               : Protoype Gasoline

Best Attempt Result  : 792 km/L

Body                             : Carbon Fiber Composite

Chassis                        : Aluminium Alloy

Dimension                  : 280 x 84 x 85 cm

Power Source             : Internal Combustion Engine 110 cc

Weight                         : 38 kg

Transmission Ratio  : Single Ratio

Gambar 2

Kalabia Evo.5 via ui-smv.com

Kalabia Evo.5

Vehicle Type               : Urban Concept

Best Attempt Result  : 292.814 km/L

Body                             : Carbon Fiber Composite

Chassis                        : Aluminium Alloy

Dimension                  : 275 x 115 x 128 cm

Power Source             : Gasoline

Weight                         : 74 kg

Transmission Ratio  : 3-Speed Ratio

Daftar Referensi:

http://ui-smv.com/

Cika Ramadini
Cika Ramadini
Mahasiswa UI tingkat kedua di jurusan Teknik Metalurgi dan Material. Sedang aktif dalam organisasi yang bergerak di bidang sosial pendidikan bernama Technique Informal School.

8 Comments

  1. Putri Widya P says:

    Sedhap cika

Leave a Reply