Klinting Lumpuhkan Maling Dengan Sengatan Listrik
Jul 29, 2014
LAKBAN: Alat Kontrol Bagi Supir Bus Nakal
Aug 15, 2014

Mahasiswa Trisakti Campur Solar dengan Air

Bahan Bakar Fosil (dok. www.gocarwarranty.co.uk)

Bahan Bakar Fosil (dok. www.gocarwarranty.co.uk)

Bahan Bakar Fosil (dok. www.gocarwarranty.co.uk)

BerandaInovasi.COM – Kebijakan pemerintah yang akan mencabut subsidi solar baru-baru ini menjadi perbincangan yang hangat di masyarakat. Masyarakat menganggap kebijakan baru ini akan semakin memberatkan mereka. Harga kebutuhan pokok tentu saja akan melambung. Pemerintah berdalih sebab harga minyak di pasar internasional semakin naik dan subsidi hanya akan memberatkan APBN.

[ads1]

 Berbagai pihak kini berusaha untuk mengatasi problematika ini. Inovasi di bidang energi juga terus dilakukan oleh para peneliti. Begitu pula dengan sekelompok mahasiswa Universitas Trisakti, mereka berhasil membuat inovasi bahan bakar solar yang dicampurkan dengan air.

 Seperti rilis resmi yang diterima oleh Redaksi Beranda Inovasi, inovasi ini dapat menjadi solusi terhaadp permasalahan BBM di Indonesia. “Kami akan mengelilingi 69 pulau di Kepulauan Seribu dengan perkiraan lama perjalanan sampai 5 hari,” ujar Dimas, Ketua Panitia Uji Coba Bahan Bakar Solar Air.”Solar air berbahan utama solar 70%, ditambahkan bahan aditif 20%, dan air 10%,” tambahnya.

 Selain lebih ramah lingkungan, bahan bakar solar air ini mampu menghemat 10 persen biaya solar biasa.Asap yang dihasilkan juga berkurang 60 persen. (DWH)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply