Kabupaten Grobogan Buat Aplikasi Tani Niaga untuk Petani
Aug 20, 2016
Tugas Besar Pemuda Indonesia Pasca Kemerdekaan
Aug 23, 2016

Mahasiswa Teknik UGM Ciptakan Sepeda Ontel dengan Transmisi Otomatis

Sepeda Tompel via ugm.ac.id

Sepeda Tompel via ugm.ac.id

Sepeda Tompel via ugm.ac.id

Sepeda merupakan salah satu sarana transportasi ramah lingkungan yang telah ada sejak lama. Sebelum banyak motor dan mobil beredar, hampir sebagian besar masyarakat kita pernah merasakan berkendara sehari-hari dengan menggunakan sepeda. Namun seiring majunya peradaban termasuk juga dalam bidang transportasi, sepeda lambat laun mulai ditinggalkan terlebih lagi di kota-kota besar. 

Ada yang menganggap jika sepeda kurang efisien karena ada banyak tenaga yang harus dikeluarkan untuk mengayuh, sehingga cukup melelahkan apabila digunakan untuk menempuh jarak yang lumayan jauh. Selain itu, menggunakan sepeda akan memakan banyak waktu tempuh dibanding dengan mengendarai kendaraan bermotor.

Menurut data dari Ditlantas Polda Metro Jaya, jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya terus meningkat. Lalu lintas didominasi oleh sepeda motor berada di peringkat kedua adalah mobil. Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor dari tahun 2010-2014 sebesar 10,54% untuk sepeda motor dan 8,75% untuk mobil. Dilatarbelakangi hal tersebut, mahasiswa Univeristas Gajah Mada (UGM) telah menciptakan suatu inovasi yang diharapkan bisa membantu mengurangi peningkatan jumlah kendaraan bermotor.

Dhiva Prima Adi, Dyah Nur Suci, Ilham Adityarsena F, dan Khoirunisa Ulya N.U dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menciptakan automatic pit ontel atau yang lebih sering disebut Tompel.

Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat kita sekarang hanya sedikit sekali yang menaruh minta pada sepeda untuk dijadikan alat transportasi sehari-hari. Banyak dari kita yang lebih memilih menggunakan sepeda motor daripada sepeda. Menurut salah satu anggota tim Tompel, alasannya pun sudah sering sekali kita dengar seperti belum memadainya fasilitas jalan bagi pesepeda serta karena kontur jalanan yang ada di negara kita masih kurang baik.

Inovasi yang diciptakan oleh Dhiva dan kawan-kawan ini merupakan inovasi teknologi transmisi otomatis pada sepeda ontel. Maksudnya, sistem transmisi akan otomatis bekerja sesuai dengan medan yang dilewati. Jika jalanannya turun maka gigi sepeda secara otomatis akan pindah ke gigi berat dan sebaliknya jika jalanannya naik atau menanjak maka gigi sepeda juga akan pindah ke gigi ringan dengan otomatis.

Adapun cara kerja dari Tompel itu sendiri yakni kabel dari sproket yang dipakai untuk mengubah gigi terhubung ujung satunya ke handle bar yang telah dihubungkan ke pemberat. Sehingga pada saat posisi sepeda miring seperti ketika melewati jalanan yang naik, kabel akan tertarik oleh pendulum dan gigi menjadi berubah.

Dhiva dan kawan-kawan berharap dengan hadirnya Tompel ini dapat meningkatkan kembali animo masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari yang tentunya lebih ramah lingkungan dibanding kendaraan bermotor. (AS)

—————

Sahabat Beranda punya inovasi? PKM, usaha kreatif, penelitian, atau hal inovatif dan unik lainnya disekeliling Sahabat? Mau inovasi Sahabat dikenal ke seluruh penjuru dunia sekaligus belajar menjadi jurnalis? Ayo kirimkan segera cerita tentang inovasi yang Sahabat Beranda miliki ke kolom Lintas Inovasi di website Beranda Inovasi. Kirim ke [email protected] dengan subjek “Lintas Inovasi_Judul Berita_Nama”. Dengan jaringan luas yang kami miliki, mari kita bersama jembatani inovasi teknologi. Salam kontribusi!!!

Anis Sa'adah
Anis Sa'adah
Mahasiswa semester 4 jurusan Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia. Bergabung dalam Nano Research Society FTUI

Leave a Reply