Mengenal Kedelai di Indonesia
Sep 20, 2012

Lima Negara yang Sukses Kembangkan Mobil Listrik

Mobil listrik ternyata sudah berkembang di sejumlah Negara. Kehadiran  kendaraan bebas emisi itu bahkan telah diproduksi secara massal. Di Indonesia, wacana mobil listrik belakangan hadir dan memberikan angin segar dalam pendekatan ketahanan energi nasional.

Berikut terdapat lima Negara yang dapat dijadikan contoh dalam pengembangan dan produksi mobil listrik.

1. Amerika Serikat
Penjualan mobil listrik di AS bakal melonjak tiga kali lipat tiap tahun, dari 20 ribu unit di 2011 menjadi 60 ribu di 2012, dan 180 ribu unit di 2013. Sebanyak 1,5 juta mobil listrik bakal ada di AS pada 2015, dan lebih dari 10 juta unit mobil listrik beredar di 2020. Dikutip dari cleanfleetreport.com, mobil listrik di AS bakal berkembang dengan meningkatnya tenaga listrik dari energi terbarukan seperti angin, geothermal, dan tenaga air.Mobil listrik yang berada di AS bermerek Nissan, Ford, General Motors, Mitsubishi, Toyota, dan Honda.

2. Jepang

Penggunaan mobil listrik di Jepang juga terus naik terutama pasca gempa dan tsunami di negara tersebut. Apalagi saat ini produsen mobil asal Jepang telah menciptakan dan mengembangkan mobil listrik seperti Nissan Leaf. Mobil ini telah terjual sebanyak lebih dari 27.000 unit sampai April 2012. Mitsubishi i-MiEV, di peringkat kedua, telah terjual sebanyak 17.000 unit di seluruh dunia sampai Oktober 2011.

3. China

Dalam tiga tahun terakhir, China diam-diam gencar memproduksi mobil listrik, bahkan berencana mengekspornya ke AS. Jumlah kendaraan listrik yang beredar di China saat ini jumlahnya lebih dari 100 juta, di antaranya sepeda motor, skooter, dan mobil. Di 2020, China menargetkan adanya jutaan stasiun pengisian listrik untuk kendaraan listrik.

Bahkan kabarnya investor kaya seperti Warren Buffet telah mengerjakan ratusan kendaraan listrik di China. Produk mobil lisytrik seperti Nissan, Ford, dan Volvo juga mengembangkan mobil listriknya di China dan bakal diekspor ke Eropa. Total ada 5.579 unit kendaraan listrik terjual di China pada 2011, jumlah ini termasuk mobil penumpang dan kendaraan komersial.

4. Prancis

Ada sekitar 2.630 mobil listrik yang terdaftar di Prancis pada 2011, naik dari 184 unit dari 2010 yaitu sekitar 1.200 mobil listrik jarak dekat yang terjual. Penjualan mobil listrik di Perancis di 2011 dipimpin oleh Citro?n C-Zero (645 unit), Peugeot iOns (639 unit), dan Bollor? Bluecar (399 unit).

5. Norwegia

Norwegia mempunyai 6.587 mobil listrik. Ini merupakan jumlah terbesar di Eropa dan kepemilikan mobil listrik per kapita tertinggi di dunia. Saat ini, Norwegia terkenal dengan eksportir minyak terbesar di dunia. Namun mereka tak mau bergantung kepada minyak dan mengembangkan mobil listrik sederhana yang lebih bersih dan dan bising. Dikutip dari AFP, mobil listrik menurut pemerintah Norwegia cukup penting untuk mengurangi emisi karbon di jalanan. Mungkin ini harus ditiru Indonesia sehingga lingkungan tetap terjaga (AB).

Sumber: Detik.com

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

1 Comment

  1. hendri says:

    harus ada mobil listrik mode indonesia untuk indonesia lebih sejaterah.pehasilan terbesar dunia dibidang otomotif

Leave a Reply