Mahasiswa Trisakti Campur Solar dengan Air
Aug 11, 2014
Rancang Bangun Informasi Sistem Pangan Lokal
Aug 20, 2014

LAKBAN: Alat Kontrol Bagi Supir Bus Nakal

LAKBAN karya mahasiswa Universitas Brawijaya (Dok. Situs resmi Prasetya UB)

LAKBAN karya mahasiswa Universitas Brawijaya (Dok. Situs resmi Prasetya UB)

LAKBAN karya mahasiswa Universitas Brawijaya (Dok. Situs resmi Prasetya UB)

BerandaInovasi.COM — Banyak kasus kecelakaan lalu lintas terjadi akibat kelalaian pengendara transportasi umum. Penyebabnya sepele, supir mengebut kemudian tidak dapat mengendalikan laju kendaraannya. Apalagi kondisi jalan yang sempit mengakibatkan kecelakaan semakin fatal.[ads1]

Rasa takut penumpang kendaraan umum akan kecelakaan lalu lintas menginspirasi sekelompok mahasiswa Universitas Brawijaya untuk membuat inovasi bernama LAKBAN alias Alat Kontrol Bagi Supir Bus yang Nakal. Alat ini dilengkapi dengan teknologi Global Positioning System (GPS) untuk memonitor laju kendaraan dan membunyikan peringatan serta mengirim laporan bila laju bus melewati ambang batas kecepatan yang ditentukan. Laporan yang dikirimkan pada armada adalah letak dan waktu saat supir melakukan pelanggaran.

Di bawah bimbingan Ir. Nurussa’adah,MT dan Eka Maulana ST, M.Eng, tim LAKBAN berhasil masuk dalam ajang PIMNAS 2013 beberapa waktu yang lalu lolos dalam kompetisi The 2nd International Innovation, Design, dan Articulation (i-IdeA 2014) di Universitas Teknologi Mara (UiTM Perlis) yang akan diselenggarakan September mendatang.

Jadi, penumpang kendaraan umum tidak perlu khawatir lagi jika supir mengebut. Semoga inovasi anak negeri ini akan membuat kenyamanan transportasi umum di Indonesia. (DWH)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply