‘Quick Disaster’, Aplikasi Pintar Hadapi Bencana
Jul 2, 2014
Belajar Membumikan Pangan Lokal dari Perancis
Jul 4, 2014

Laboratorium Bioimaging Pertama di Indonesia

Peresmian UI-Olympus Bioimaging Center (Dok. Universitas Indonesia)

BerandaInovasi.COM — Dulu mungkin orang tidak pernah membayangkan bisa melihat bakteri atau bagian-bagian kecil dari kehidupan ini. Tapi kini, teknologi sudah sangat berkembang, bahkan hingga melihat sel-sel berukuran sangat kecil yang tentu tidak bisa dilihat tanpa bantuan alat.

 Universitas Indonesia (UI) baru-baru ini meluncurkan UI-Olympus Bioimaging Center bekerjasama dengan Olympus Singapore Pte. Ltd. Laboratorium ini akan menjadi rujukan nasional di bidang Live Cellimaging dengan teknologi mutakhir. Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhmmad Anis M.Met meresmikan  laboratorium tersebut di gedung Integrated Laboratory and Research Center (ILRC), Kampus UI Depok.

Peresmian UI-Olympus Bioimaging Center (Dok. Universitas Indonesia)

Peresmian UI-Olympus Bioimaging Center
(Dok. Universitas Indonesia)

 Perangkat Bioimaging yang dimiliki laboratorium ini sangat mendukung kegiatan riset sel punca (sel induk-red), rekayasa jaringan, pengembangan vaksin, pengembangan herbal medicine, biomaterial, bioproses, dan riset-riset yang memerlukan pengamatan interaksi sel.  UI-Olympus Bioimaging Center dilengkapi dengan Research Inverted Microscope (IX73); Biological Confocal Laser Scanning Microscope (FV 1200); Confocal Laser Scanning Biological Microscope – For Live Cell TimeLapse Imaging with an Incubator and a Water-Immersion Objective (FV10i-LIV); serta Image analysis & processing.

[ads1]

“Sejalan dengan visi dan misi UI untuk menjadi universitas riset, melalui pendirian UI-Olympus Bioimaging Center diharapkan dapat mendukung terwujudnya aktivitas integration, excellence, dan enterprising karena laboratorium dan perangkatnya merupakan salah satu bagian yang penting untuk mengembangkan SDM atau sivitas akademika UI dalam kegiatan akademik, pengajaran, riset, dan pengabdian masyarakat,” kata Farida Haryoko, Kepala Kantor Komunikasi UI.

 Menurutnya, agar para periset dapat menguasai pemakaian alat-alat laboratorium tersebut, UI melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) berinisiasi menggelar workshop sebanyak empat kali yang akan dibawakan oleh para ahli Olympus.

 Laboratorium serupa telah didirikan di Institute of Medical Biology (IMB) the Olympus Microscopy Suite Singapore, Olympus Bioimaging Center (OBC) Mahidol University, dan University  Putra Malaysia (UPM)-Olympus Live Cell Imaging Suite.

 UI-Olympus Bioimaging Center terletak di lantai tiga gedung ILRC. Gedung ini merupakan sebuah gedung khusus yang disiapkan sebagai sarana kegiatan riset yang dikelola oleh DRPM UI. Semoga inovasi para peneliti Indonesia akan semakin berkembang dengan didirikannya laboratorium ini. (DWH)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply