Mahasiswa UGM Bantu Kembangkan UMKM dengan Mesin Pembuat Mie Hidrolis
Jul 13, 2016
13 Hal Ilmiah yang Menandakan Kamu Sedang Jatuh Cinta! (Bagian 1)
Jul 15, 2016

Kenapa Kita Selalu Berpikir Jika Alien Berwujud Seperti Makhluk Kecil Berwarna Hijau? Ini Jawabannya

Alien Hijau via nuga.co

Alien Hijau via nuga.co

Alien Hijau via nuga.co

Ketika menyebutkan kata “Alien”, yang terlintas di pikiran dari kebanyakan kita adalah makhluk luar angkasa dengan bentuk kepala aneh, berwarna hijau, dan perawakan yang tidak terlalu tinggi. Belum lagi sifat alien yang (kita pikirkan) jahat, keji, dan akan mengancam serta mengusir manusia dari Bumi.  Namun mengapa wujud dan sifat alien yang seperti itu yang selalu muncul di pikiran kita? Apakah Alien memang seperti itu?

Ternyata, tontonan dan buku fiksi ilmiah tentang wujud alien yang selama ini digambarkan memerankan peranan penting dalam kuatnya persepsi wujud alien sebagai makhluk hijau kecil. Namun jauh sebelum itu, dalam studi yang diterbitkan dalam Science Fiction Study (SFS) di DePauw University, Indiana, menyatakan bahwa terdapat cerita rakyat di Inggris pada abad ke-12 yang menggambarkan dua anak desa dengan kulit yang hijau.

Cerita rakyat dua anak kecil hijau ini berasal dari desa Woolpit, wilayah timur Inggris yang selanjutnya dikenal dengan kisah rakyat “The Green Chindren of Woolpit”. Lalu, tokoh makhluk hijau ini berlanjut pada kisah fiksi ilmiah pada tahun 1940-an hasil penelusuran The Encyclopedia of Science Fiction yang berjudul “Mayaya’s Litte Green Men” (Weird Tales, 1946) yang dibuat oleh Harold Lawlor.

Setelah itu ada novel fiksi ilmiah populer dari Frederic Brown berjudul “Martians, Go Home” (E.P. Dutton, 1955) yang menceritakan tentang sekelompok makhluk asing kecil berwarna hijau yang menjengkelkan. Alih alih bertempur dengan tentara bumi dan menguasai dunia, para makhluk hijau tersebut malah lebih banyak menghabiskan waktunya di bumi dengan melakukan banyak lelucon yang menjengkelkan .

Di dunia televisi, karakter makhluk hijau juga muncul pada tokoh Gazoo di kartun “The Flintstones” pada tahun 1965. Setelah itu bermunculan lah istilah-istilah dan karakter makhluk asing berwarna hijau pada film-film fiksi ilmiah lain seperti pada film “Star Trek” tahun 1969 di episode “Tomorrow is Yesterday”, “Doctor Who” tahun 1988 pada episode “Remembrance of The Daleks”, lalu mainan alien kecil berwujud makhluk hijau yang muncul di serial animasi “Toy Story” pada akhir abad 20 lalu.

Karakter Alien

Brooks Peck, seorang kurator dari EMP Museum -Museum yang memamerkan karya budaya populer termasuk fiksi ilmiah– mengatakan bahwa sebenarnya karakter makhluk hijau juga dibentuk sesuai dengan karakter manusia. Pada awal-awal pembuatan karakter fiksi ilmiah pada tahun 1920-1930-an, alien atau makhluk hijau ini ditokohkan sebagai makhluk yang aneh, tak terduga, namun seiring waktu mereka mulai mencerminkan sikap manusia pada umumnya.

Setiap sikap karakter alien atau makhluk hijau yang dibentuk pada kisah fiksi ilmiah, semuanya menggambarkan satu sisi dari sikap manusia. Contohnya adalah karkater makhluk hijau yang jahat dan sering membuat kekacauan pada The Little Green Men. Karakter makhluk hijau polos dan kekanak-kanakan pada film “E.T The Extraterrestrial”, “My Mars Favorite”, serta serial TV “Mork and Mindy”. Film lainnya mewakili sisi gelap manusia yang kejam seperti pada makhluk asing di film “Star Trek”.

Peck juga mengatakan bahwa seaneh apapun karakter si makhluk hijau ini dibentuk pada serial film atau televisi, tetap saja semuanya terilhami dari dunia nyata. Dengan kata lain, inspirasi membuat karakter sikap, warna, dan wujud alien sebagai makhluk hijau kecil yang jahat juga bukan berarti mencerminkan sikap dan wujud alien yang sebenarnya. Pada dasarnya, itu hanya karangan manusia yang terinspirasi dari sikap manusia di Bumi juga.

Jauh dari kisah fiksi ilmiah, persepsi alien sebagai makhluk kecil hijau ternyata sudah melekat kuat pada otak manusia. Contoh terbaru adalah ketika Jenderal Mark Milley, Kepala Staf Angkatan Darat Militer AS yang mengatakan di pidatonya kepada para kadet dan staf militer AS pada pelatihan cadangan militer di Norwich University, Vermont, “Kalian akan berurusan dengan banyak pria hijau kecil”.

Pelak pernyataan tersebut memunculkan spekulasi keterkaitan militer AS dengan UFO dan makhluk luar angkasa. Padahal sebenarnya, Jenderal Mark Milley mengatakan “pria hijau kecil” sebagai bentuk ungkapan untuk menyebut personel militer Rusia dan Ukraina dengan seragam militernya yang berwarna hijau.

Ternyata bagi banyak orang, ungkapan makhluk atau orang hijau kecil selalu bermakna pada sesuatu yang hidup di luar bumi. Dan sudah jelas dari penjelasan di atas bahwa persepsi yang bertahan selama puluhan taun itu ternyata bukan persepsi yang tepat untuk menggambarkan sosok alien sebenarnya. (NMY/LiveScience)

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf
Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply