Kedelai Paman Sam Masih Unggul
Oct 31, 2012
“Joy of Manufacturing” Kisah Honda Memulai Usahanya Bag. 2
Nov 1, 2012

“Joy of Manufacturing” Kisah Honda Memulai Usahanya Bag.1

Soichiro Honda lahir tanggal 17 November 1906, di Komyo Desa (sekarang Tenryu City), Iwata County, Prefektur Shizuoka. Ia lahir sebagai putra sulung dari Gihei Honda, pendai besi yang jujur, dan istrinya Mika, seorang penenun. Walaupun mereka hidup miskin, tetapi keluarga Honda sangat mementingkan pendidikan dasar. Berkat pendidikan yang ia terima dari ayahnya, Honda tumbuh menjadi anak yang cerdas, tidak ingin merepotkan orang lain dan selalu menjaga janji. Dia juga mewarisi sifat tangkas dan rasa ingin tahu yang tinggi dari ayahnya. 

Gihei, ayah Honda membuka toko sepeda. Ia menerima banyak permintaan untuk memperbaiki mesin sepeda setelah sepeda menjadi sangat populer di Jepang. Gihei merasakan ini merupakan sebuah peluang bisnis. Dengan bekal keterampilan dan kemauan belajar yang tinggi, Gihei memperbaiki sepeda bekas dan menjualnya kembali mereka dengan harga yang kompetitif. Hal itu membuat bisnisnya mulai dilihat sebagai toko sepeda terbaik di lingkungannya.

Saat Honda beranjak pada usia memasuki sekolah dasar, ia melihat sebuah iklan Tokyo Art Shokai, sebuah perusahaan servis mobil, di sebuah majalah bernama Ringyo no sekai. Walau iklan itu bukanlah iklan untuk sepeda, tetepi Honda kecil sangat tertarik dengan itu. Bahkan, saat mobil pertama masuk di desanya, ia tidak bisa melupakan bau minyak pelumasnya. Sehingga mudah untuk membayangkan ketika muda, Honda sudah memutuskan bahwa ia harus bekerja di Art Shokai. Honda pun mencari lowongan pekerjaan di Art Shokai, walau iklan yang ia dapat bukanlah iklan lowongan, ia tetap mengirimkan surat untuk menjadi pekerja magang di Art Shokai. Beruntungnya, ia diterima menjadi pekerja disana.

Soichiro Honda meninggalkan sekolah pada bulan April 1922 saat ia berusia lima belas tahun untuk bergabung dengan Art Shokai sebagai pekerja magang di daerah Tokyo. Kondisi pekerja saat intu sangat jauh dengan kondisi pekerja saat ini. Pekerja pemula hanya diberi sedikit uang saku dan tidak menerima upah tetap. Kesulitan yang dirasakan Honda saat inilah yang menjadikan ia mempunyai pengaruh besar di kemudian hari. (FAR)

Beranda Inovasi
Beranda Inovasi

BERANDA INOVASI adalah portal online yang menyajikan informasi di bidang teknologi inovasi, artikel ilmiah populer, dan isu-isu seputar pangan, energi, serta lingkungan.

Leave a Reply