Tips Ini Akan Membantumu Mengatasi 9 Masalah Umum Saat Tidur yang Biasa Kamu Alami
Jul 21, 2016
Insinerasi: Mengubah Sampah Menjadi Energi
Jul 22, 2016

Jika Kamu Hanya Memainkannya, Di Amerika Serikat Justru Pokemon GO Digunakan untuk Terapi Anak

Ilustrasi Bermain Pokemon GO via metro.us

Demam Pokemon GO! sudah sangat mendunia. Terlepas dari respon positif masyarakat terutama para gamer dan smartphone-user terhadap aplikasi ini, banyak hal konyol yang telah terjadi di seluruh dunia akibat memainkan Pokemon GO. Kontroversi terkait aplikasi ini pun terus terjadi, dari mulai pemblokiran sampai fatwa mengharamkan memainkannya.

Akan tetapi, tidak akan tercipta teknologi baru jika tidak bisa dimanfaatkan dalam hal positif dan membantu pekerjaan manusia. Contohnya adalah Rumah Sakit Anak C.S. Mott, University of Michigan Health System, Amerika Serikat yang justru menjadikan Pokemon GO! sebagai alat terapi fisik penyembuhan penyakit pada anak.

Beberapa anak membutuhkan terapi fisik seperti berjalan dan berolah raga untuk mempercepat penyembuhannya. Salah satu spesialis anak di rumah sakit ini mengatakan bahwa aplikasi Pokemon GO! dapat membantu anak untuk melakukan terapi dengan cara yang unik.

Mereka (para perawat dan dokter) biasanya akan mengalami kesulitan melakukan terapi fisik kepada anak, terlebih lagi jika sebelumnya anak itu sering menangis, berteriak, serta susah dikendalikan. “Terapi fisik apapun tidak mau mereka lakukan dengan kondisi seperti itu” Kata Dokter.

Namun Pokemon GO! merubah terapi fisik menjadi lebih menyenangkan. Mencari pokemon akan membuat anak-anak meninggalkan tempat tidurnya secara alamiah, lebih banyak bergerak, dan banyak berinteraksi dengan anak-anak serta staf rumah sakit lainnya.

Aplikasi ini juga melatih kesabaran anak dan membuat hari-hari mereka di rumah sakit menjadi lebih menyenangkan. “Rumah sakit tidak lagi seram seperti biasanya” Kata Dokter. Sebelum terapi fisik melalui aplikasi ini diterapkan, anak-anak akan merasa ketakutan jika menjelajah setiap sisi rumah sakit.

Tidak hanya sampai disitu, pihak rumah sakit juga memberikan tips yang menarik di website nya tentang bagaimana menjadi seorang pokemon hunter dan trainer yang sukses mendapat banyak pokemon. Rumah sakit juga menyediakan beberapa pokestops dan pokemon gym untuk fasilitas penunjang.

Terlepas dari beberapa fasilitas dan kemudahan yang diberikan rumah sakit untuk kemudahan bermain Pokemon GO!, mereka juga bukannya tidak memikirkan risiko. Beberapa aturan juga diterapkan, seperti misalnya dilarang memfoto orang lain yang ada di rumah sakit selain dari keluarga mereka.

Pokemon GO! sebagai salah satu cara terapi anak ternyata dapat membuat suasana rumah sakit menjadi lebih positif, tidak se menakutkan seperti apa yang anak-anak bayangkan. Well, ternyata jika teknologi digunakan untuk hal-hal yang baik, akan lebih menyenangkan bukan? (NMY/NowThis)

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf

Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply