Kulit Sehat Anti Jerawat dengan Ekstrak Pegagan
May 21, 2016
Ini Bedanya AC Inverter dengan AC Konvensional
May 24, 2016

Intelligent Humanoid Robot Pertama yang Berbahasa Indonesia dari Binus University

Robot Berbahasa Indonesia via Binus.ac.id

Robot Berbahasa Indonesia via Binus.ac.id

Robot Berbahasa Indonesia via Binus.ac.id

Melihat bule yang jago bahasa Indonesia mungkin sudah biasa, namun bagaimana jadinya jika ada robot yang jago bahasa Indonesia? Baru-baru ini, tiga mahasiswa dari School of Computer Science, Teknik Informatika, Binus University (Universitas Bina Nusantara) berhasil mencipatakan robot yang jago berbahasa Indonesia.

BIMAX (Binus dan Maksimum), begitulah robot itu dinamakan oleh tiga mahasiswa yaitu Oey Kevin Wijaya, Christian Tarunajaya, dan Reinhard Lazuardi Kuwandy.

Berawal dari tugas akhir kuliah yang mulai mereka kerjakan pada akhir tahun 2015 lalu. Ketiga mahasiswa tersebut bersama pembimbingnya, Dr. Widodo Budiharto, berhasil menciptakan robot yang dapat mengenali ucapan dan wajah manusia dalam bahasa Indonesia.

Tidak hanya sampai disitu, robot ini pun dapat merespon pertanyaan dalam bahasa Indonesia. Robot ini pun diharapkan dapat membantu pekerjaan manusia terutama di bidang pendidikan dan hiburan.

“Robot ini dirancang melakukan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh manusia”, Kata Reinhard.

Sebagai Intelligent Humanoid Robot pertama yang bisa berbahasa Indonesia, Dr. Widodo mengatakan bahwa pada prosesnya, penelitian ini mendapatkan dana hibah dari Insinas Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tahun 2015. Tentunya, dana yang dibutuhkan untuk penelitian dan penciptaan robot ini tidaklah sedikit.

Robot ini akan bekerja mulanya dengan mendeteksi wajah pengguna untuk selanjutnya dilakukan pengenalan wajah dengan kamera yang terpasang pada robot. Lalu sinyal dikirimkan untuk menggerakan motor robot. Kemudian robot akan memberikan feedback kepada pengguna dengan jawaban salam atau pertanyaan.

Saat ini, Bimax mampu berinteraksi dengan manusia seperti merespon pertanyaan, memainkan musik, dan bercerita. Ingin lihat bagaimana Bimax bekerja? Simak videonya dibawah ini

Nur Maulana Yusuf
Nur Maulana Yusuf
Lulusan Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan dunia media, teknologi, serta sosial ekonomi di Indonesia. Saat ini menjadi bagian dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply