Kasus Tanjung Balai : Multikulturalisme, Kesenjangan Sosial, dan Toleransi Umat Beragama di Indonesia
Aug 8, 2016
Inovasi Mahasiswa UGM: Aktuator Penggerak Robot di Masa Depan
Aug 10, 2016

Inovasi Aplikasi Mitigasi Bencana Tanah Longsor dari UGM

Bencana Tanah Longsor via satujam.com

Bencana Tanah Longsor via satujam.com

Bencana Tanah Longsor via satujam.com

Tanah longsor merupakan salah satu bencana yang sering sekali terjadi di Indonesia. Menurut data dari BNPB pada tahun 2016 jumlah kejadian tanah longsor sebanyak 261 sampai bulan Juni kemarin. Jumlah tersebut menduduki peringkat ketiga kejadian bencana di Indonesia setelah banjir dan puting beliung. Oleh karena itu sekelompok mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) mencoba menciptakan suatu alat untuk mengurangi risiko terjadinya bencana tanah longsor.

Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) yaitu Eka Damayanti, Fathian Hafizhal, Setia Prihatin, Suryo Prakoso, Putra, dan Yuniar Rizki berhasil menciptakan Dokter Bensor, sebuah inovasi sistem mitigasi bencana tanah longsor.

Eka dan kawan-kawan menciptakan inovasi ini ialah karena mereka prihatin dengan kondisi daerah yang ada sekarang ini serta untuk mengantisipasi terjadinya tanah longsor maupun meminimalisir jumlah korban akibat bencana tanah longsor.

Aplikasi Dokter Bensor via ugm.ac.id

Aplikasi Dokter Bensor via ugm.ac.id

Inovasi yang diciptakan oleh Eka dan kawan-kawan ini merupakan informasi dari EWS ekstensiometer yang diintegrasikan dengan suatu aplikasi berbasis android yang dapat memberikan informasi serta terdapat layanan laporan dari masyarakat mengenai potensi tanah longsor di lokasi-lokasi yang sering terjadi bencana tersebut.

Laporan dari masyarakat kepada pemerintah ini sangatlah berguna karena menjadi jembatan informasi. Masyarakat bisa melaporkan gejala-gejala awal pada saat akan terjadi bencana tanah longsor di daerah mereka. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan android Dokter Bensor bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak menu seperti besar pergeseran yang terjadi, edukasi bencana tanah longsor, informasi bencana tanah longsor terbaru, informasi link BPBD, lokasi administrasi, kalender mitigasi bencana tanah longsor, laporan dari masyarakat kepada pemerintah dan Badan Penanggulangan Bencana, peta kerentanan gerakan massa tanah, peta titik penempatan EWS Ekstensiometer yang berisi koordinat, tanggal dan jam, serta tingkat bahaya dari longsor itu sendiri. (AS)

—————

Sahabat Beranda punya inovasi? PKM, usaha kreatif, penelitian, atau hal inovatif dan unik lainnya disekeliling Sahabat? Mau inovasi Sahabat dikenal ke seluruh penjuru dunia sekaligus belajar menjadi jurnalis? Ayo kirimkan segera cerita tentang inovasi yang Sahabat Beranda miliki ke kolom Lintas Inovasi di website Beranda Inovasi. Kirim ke [email protected] dengan subjek “Lintas Inovasi_Judul Berita_Nama”. Dengan jaringan luas yang kami miliki, mari kita bersama jembatani inovasi teknologi. Salam kontribusi!

Anis Sa'adah
Anis Sa'adah
Mahasiswa semester 4 jurusan Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia. Bergabung dalam Nano Research Society FTUI

Leave a Reply