Solusi Atasi Kekeringan Lahan Sawah, Alumni IPB Manfaatkan Jerami Padi
Aug 4, 2015
bbm jenis baru, RON BBM Indonesia, cara menentukan harga bbm
BBM Jenis Baru
Aug 6, 2015

Inilah Kemampuan yang Akan Dimiliki Lampu Penerang Jalan di Masa Depan!

pl612001-low_light_attenuation_100w_dc12v_24v_50_60hz_led_solar_street_lights_for_highwaySelama ini, lampu-lampu yang berbaris di sepanjang jalan hanya menjalankan fungsi sebagai penerang. Lampu penerang umumnya berfungsi di malam hari, membuat pengendara mobil ataupun motor, juga pejalan kaki dan pengemudi sepeda dapat melihat keadaan jalan dengan jelas meski hari sudah gelap. Namun di masa depan, General Electric (GE), sebuah perusahaan besar yang mengembangkan alat-alat elektronik, merancang lampu jalan dengan fungsi yang tak terbatas hanya sebagai penerang. Keberadaan lampu penerang jalan akan sangat membantu koordinasi antara pemerintah dengan masyarakat untuk menciptakan kota cerdas.

Konsep kota cerdas yang diusung oleh GE mengetengahkan pemanfaatan internet pada fasilitas-fasiitas umum sehingga terhimpun data besar yang dapat dianalisis sebagai bahan pengambilan suatu kebijakan. Kebijakan-kebijakan yang berlaku diharapkan menjadi solusi dari segenap permasalahan yang dialami di sebuah kota, misalnya kemacetan, polusi udara, hingga masalah keamanan berkendara. Salah satu fasilitas umum yang diharapkan dapat meningkat fungsinya setelah didukung dengan internet ialah lampu penerang jalan berjenis Light Emitting Diode (LED).

Lampu berjenis LED memang cenderung lebih hemat energi dan tahan lama. Biaya produksi lampu cukup terjangkau dan biaya perawatannya minim. Lampu LED penerang jalan di masa depan akan didukung dengan sinyal internet dan dilengkapi dengan sensor yang responsif terhadap lingkungan, temperatur, gerakan, suara, hingga getaran. Lampu penerang jalan juga berfungsi sebagai kamera yang dapat merekam keadaan jalan dalam bentuk video. Respon terhadap keadaan sekitar akan terhimpun dalam bentuk data-data yang mampu menginformasikan banyak hal kepada masyarakat.

Masyarakat dapat mengakses informasi dari lampu penerang jalan untuk memonitor keadaan lalu lintas secara langsung (real time) agar pengendara dapat memprediksi keadaan jalan, memonitor zona kerja, mendeteksi kecelakaan (insiden dan tabrakan), mendeteksi keberadaan pengendara sepeda serta pejalan kaki. Informasi yang tersedia tidak hanya berguna bagi masyarakat pengguna jalan, tetapi juga bagi pemerintah sebagai pihak pembuat kebijakan. Informasi-informasi dari lampu penerang jalan dapat menjadi sumber data untuk menganalisis kondisi lingkungan sehingga tercipta regulasi yang tepat demi terciptanya kota cerdas.

Ulya Amaliya
Ulya Amaliya

After studying International Relations in Gadjah Mada University, she dedicated herself as NGO’s officer of Social Research and Data Analysis in Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI).

Leave a Reply