Mahasiswa UI Harumkan Indonesia dalam Ajang Shell Eco-Marathon Asia
Apr 25, 2016
3 Penemuan Terkini yang Dijamin Bakal Ingin Kamu Miliki!
Apr 27, 2016

Ini yang Perlu Kamu Ketahui tentang Diabetes

Diagnosis and Insulin Treatment via thenationonlineng.net

Diagnosis and Insulin Treatment via thenationonlineng.net

Diagnosis and Insulin Treatment via thenationonlineng.net

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar glukosa dalam darah. Salah satu penyakit kronis yang disebabkan karena tubuh (pankreas) tidak bisa memproduksi insulin yang cukup atau kerja tubuh kurang baik (efektif) dalam memanfaatkan insulin (WHO, World Health Organization).

Insulin itu sendiri adalah hormon yang berguna dalam mengalirkan gula dari makanan yang kita konsumsi ke dalam sel-sel tubuh untuk diubah menjadi energi. Apabila pankreas tidak mampu memproduksi cukup insulin, maka akan terjadi penumpukan gula di dalam darah yang bisa mengakibatkan rusaknya jaringan.

Jika rusaknya jaringan sudah kronis maka bisa berujung pada komplikasi seperti penyakit jantung serta berbagai gangguan fungsi saraf (International Diabetes Federation, 2012).

Terdapat dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe I dan diabetes tipe II

1. Diabetes tipe I

Lebih sering dijumpai penderitanya adalah anak-anak walaupun bisa juga menyerang orang dewasa. Diabetes tipe I disebabkan oleh gangguan dalam memproduksi insulin (produksi insulin kurang) karena kerusakan sel beta pankreas.

2. Diabetes tipe II

Penderitanya kebanyakan orang dewasa. Diabetes tipe II disebabkan oleh gangguan pada fungsi insulin (insulin tidak bekerja secara efektif).

Menempati peringkat keempat di dunia setelah Amerika Serikat, India, dan Cina (Hans,2008) membuktikan bahwa Indonesia termasuk dalam salah satu negara dimana masyarakatnya banyak yang menderita diabetes. Ya, di Indonesia sendiri setiap tahunnya terjadi peningkatan penderita diabetes. Upaya untuk mengetahui rasio serta perbandingan pada setiap daerah di Indonesia yang masyarakatnya terserang penyakit diabetes pada usia 15 tahun ke atas maka pada tahun 2007 dan 2013 Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) mengadakan suatu wawancara dan hasilnya terlihat bahwa penderita diabestes meningkat hampir dua kali lipat dalam kurun waktu enam tahun tersebut.

Penderita diabetes di Indonesia usia ≥ 15 tahun

gambar 1

Sumber: Riset Kesehatan Dasar 2007, 2013, Kementrian Kesehatan

Tabel: Proporsi dan Perkiraan Jumlah Diabetes pada Penduduk Usia ≥ 15 Tahun di Indonesia Tahun 2013

Kondisi

ProporsiPerkiraan Jumlah

Diabetes

6,9% dari 176.689.336 penduduk usia ≥ 15 tahun

12.191.564

   Terdiagnosis

30,4% dari 12.191.564 penderita diabetes

3.706.236

   Tidak terdiagnosis

69,6% dari 12.191.564 penderita diabetes

8.485.329

Tidak diabetes

93,1% dari 176.689.336 penduduk usia ≥ 15 tahun

164.497.772

Sumber: Riset Kesehatan Dasar 2013 dan Dit. Pengendalian Penyakit Tidak Menular, diolah oleh Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan

Setiap orang pasti tidak ingin terserang oleh penyakit ini. Oleh karena itu perbaikilah gaya hidup dengan upaya-upaya berikut:

1. Makan teratur

Jika anda sering mendengar nasehat “jangan makan yang manis-manis nanti diabetes” itu benar. Kita sebenarnya boleh mengkonsumsi makanan yang manis akan tetapi harus dikontrol untuk menjaga kadar glukosa tetap normal di dalam tubuh. Selalu perhatikan kadar gula yang terdapat pada makanan atau minuman yang akan dikonsumsi.

2. Olahraga teratur

Untuk mengurangi resistensi insulin maka lakukanlah latihan beban efektif atau latihan aerobik. Akan lebih baik lagi dengan melakukan keduannya.

Daftar Referensi:

http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin-diabetes.pdf

http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/pharmacon/article/download/4775/4297

http://indonesia.digitaljournals.org/index.php/idnmed/article/viewFile/685/686

Anis Sa'adah
Anis Sa'adah
Mahasiswa semester 4 jurusan Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia. Bergabung dalam Nano Research Society FTUI

Leave a Reply